Dinas Kehutanan Kalsel Berikan Pelatihan Pencegahan Karhutla

Teks foto Pembukaan pelatihan teknis dalam rangka mengahdapi musim kemarau bagi petugas Darkathutla Perusahaan dan masyarakat.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Puluhan karyawan perusahaan dan mitra kerja yang tergabung dalam petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan, ikuti pembekalan dan pelatihan teknis dalam rangka menghadapi menghadapi musim kemarau tahun 2024. Rabu (24/4/2024) kemarin bertempat Aula Kantor Desa Ayunan Papan Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin.

Pembekalan penanggulangan Karhutla terselenggara kerjasama Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dan PT Bhumi Rantau Energi dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.
General Manager PT Bhumi Rantau Energi, Feri Januar Feizal mengatakan, adanya pembekalan dan pelatihan teknis sebagai langkah awal kita untuk mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan lahan di area sekitar perusahaan.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan terhadap petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan (Darkarhutla) Perusahaan dan masyarakat sebagai upaya kita untuk lebih tanggap dalam menghadapi kebakaran dan dapat mengantisipasi lebih dini, “ ujarnya.

Dengan Pelatihan ini nantinya para karyawan dan masyarakat tidak panik dan tanggap saat terjadi kebakaran hutan dan lahan, bahkan tidak menutup kemungkinan dengan pengetahuan ini masyarakat dapat mensosialisasikan kembali kepada warga sekitarnya.

“Mudah-mudahan, petugas karwan ini dapat memahami dan menerapkannya ilmu yang telah diberikan oleh nara sumber pada pelatihan ini, “katanya.
Sementara Bambang Marwanto, Kasi Pengendalian kebakaran hutan dan lahan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel selaku nara sumber, mengatakan supaya para petugas di lapangan khususnya karyawan perusahaan dan masyarakat dapat siap menghadapi musim kemarau yang biasanya terjadi Kebakaran hutan dan lahan.

“Berharap kegiatan ini rutin akan dilaksanakan setiap tahunnya kepada pihak perusahaan, agar tidak lupa lagi dalam pencegahan dan pengendalian apabila terjadinya karhutla, “ucapnya.

Ditambahkannya, untuk materi yang diberikan sendiri tentang kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan khususnya dinas kehutanan mengenai dalam upaya pengendalian karhutla.
Kemudian dilakukan praktek lapangan yakni teknik pengendalian karhutla yang meliputi pencegahan dan pemadaman, praktek terkait peralatan- peralatan dasar.
“Dengan praktek ini nantinya para petugas dapat memahami penggunaan peralatan pemadaman api dengan baik, “ tutupnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait