Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSU Tanam Pohon  bersama Ribuan Perempuan

Teks foto:  Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSU Hj. Gusti Elvira Riana Dewi Sari saat kegiatan Perempuan Menanam di komplek perkantoran Pemprov Kalsel. (prokopim)(kalselpos.com)

Amuntai, Kalselpos.com – Pj Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Hj. Gusti Elvira Riana Dewi Sari ikut menghadiri kegiatan Perempuan Menanam bersama Acil Odah yang dilaksanakan di Taman Hutan Hujan Tropis, Komplek Perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan, Banjarbaru.

 

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut rangkaian Hari Kartini tahun 2024, Senin (22/04).

 

Dengan mengenakan kebaya putih Pj. Ketua TP PKK HSU turut menanam pohon Eucalyptus atau pohon Kayu Putih bersama lebih dari 2.000 perempuan yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan juga diisi dengan lomba menghias bunga dan lomba pantun serta penyerahan piagam penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi pada peringatan Hari Kartini 2024.

 

Pj. Ketua TP.PKK HSU Hj. Gusti Elvira Riana Dewi Sari merasa senang bisa menjadi bagian dari kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini mengingatkan betapa pentingnya menanam pohon guna keseimbangan ekosistem di bumi.

 

“Menjaga ekosistem tidak hanya dengan menanam pohon, bisa juga diwujudkan dengan keterampilan mengolah kekayaan alam menjadi barang bernilai seni agar bisa dipasarkan dengan nilai jual yang tinggi,” katanya.

 

Kabupaten HSU yang daerahnya didominasi oleh rawa, justru menjadi tantangan tersendiri dalam membina masyarakat untuk “Bergerak” memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk dijadikan barang bernilai ekonomi, seperti anyaman berbahan dasar purun, tas dari eceng gondok, kain sasirangan berbahan pewarna alami dan masih banyak lagi.

 

“Tentu hal tersebut sangat menarik untuk dikembangkan selain dalam rangka mendorong laju roda perekonomian daerah juga mendukung gerakan Revolusi Hijau yang sudah menjadi pilot project program pelestarian lingkungan Pemprov Kalsel,” imbuhnya.

 

Sementara, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor, mengatakan, saat ini peran perempuan turut mengupayakan agar pembangunan yang kita lakukan berkelanjutan sampai pada generasi-generasi berikutnya, salah satu upaya agar pembangunan berkelanjutan itu berhasil adalah dengan tetap memelihara alam.

 

Sejalan dengan tema kegiatan tersebut yakni “Bakti Perempuan Untuk Hijaukan Banua” keterlibatan perempuan menanam 3500 Pohon Eucalyptus pada hari ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk orang-orang sekitarnya untuk ikut “BERGERAK” menjaga kelangsungan alam Kalimantan sebagai paru-paru dunia.

 

“Event penanaman pohon ini, bukan sekedar simbolis penanaman saja, makna mendalam kegiatan ini adalah menjaga kelangsungan alam Kalimantan sebagai paru-paru dunia, momentum ini juga untuk menunjukkan bahwa Perempuan memiliki peran besar dalam kelestarian lingkungan,” ujar Ketua TP PKK Provinsi Kalsel.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait