Promosi Hasil Kerajinan HSU ke Tingkat Nasional, Hingga Internasional

Teks foto: Pj Ketua Dekranasda HSU saat berada di Stand milik Pemda HSU. (diskominfosandi)

Amuntai, kalselpos.com – Promosi hasil kerajinan dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tidak hanya lokal, tetapi ke nasional dan internasional.

Salah satunya melalui, pergelaran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024, yang digelar 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Di kesempatan tersebut, Pemerintah daerah bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten HSU ikut serta di kegiatan berskala nasional tersebut.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda HSU, Gusti Elvira Riana Dewi Sari mengatakan, momentum Inacraft dijadikan sebagai ajang promosi hasil kerajinan HSU ke tingkat nasional maupun internasional. Pasalnya, dari pengunjung, tidak terbatas lokal saja, bahkan tak jarang berasal dari luar negeri.

“Kita melalui pameran ini, untuk memperkenalkan kerajinan khas daerah kita khususnya HSU, biar lebih dikenal di Indonesia pada umumnya,” ungkapnya, Rabu (28/2) lalu.

Menurut Elvira, momen ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dimana sebagai upaya mendukung kemajuan perekonomian produk-produk kriya pengrajin asal HSU.

Kepala Diskuperindag HSU, Kamarudin mengatakan, dalam kegiatan pameran ini pihaknya menghadirkan berbagai macam produk unggulan khas HSU yang dihimpun dari hasil beberapa pengrajin.

Dalam pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara ini, Dekranasda HSU bersama dengan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperindag) HSU, menghadirkan berbagai macam produk-produk kerajinan unggulan, seperti aneka tas berbahan purun, perabot rumah tangga berbahan ilung (eceng gondok), lupu (rotan merah) hingga aneka kain sasirangan dengan pewarna alami.

“Saat ini yang menjadi produk unggulan kita dari anyaman eceng gondok,purun dan lupu, yang diolah menjadi berbagai produk kerajinan,” terangnya.

Ia mengharapkan ajang ini oleh para pengrajin yang ikut disertakan dalam pameran ini dapat menambah wawasan mereka dalam hal pemasaran produk.

“Semoga melalui kegiatan ini produk kerajinan asal HSU akan lebih dikenal baik nasional sampai internasional,” harapnya.

Diketahui, Inacraft 2024 yang digelar pada tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi istri, Iriana.

Sementara itu, di ajang pameran kerajinan tangan ini, stand Dekranasda HSU sendiri tergabung 13 kabupaten/kota dalam Paviliun Provinsi Kalimantan Selatan.\

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait