Pemko diminta tingkatkan Pengawasan Usaha berpotensi Cemari Lingkungan

Teks : Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Hj Siti Rahimah.

BANJARMASIN, kalselpos.com – Banyaknya jumlah dan jenis usaha yang dapat berpotensi dan dapat menjadi salahsatu penyebab terjadinya pencemaran lingkungan, diharapkan menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kota Banjarmasin dan instansi terkait.

“Sebab bila kurang diawasi, bisa saja limbah yang dihasilkan sektor usaha tertentu belum dikelola dengan baik. Hingga akhirnya dibuang dan mencemari lingkungan,” ujar anggota DPRD Banjarmasin, Siti Rahimah, kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, untuk sektor jenis usaha yang banyak dijumpai dan dapat menghasilkan limbah seperti rumah makan, balai pengobatan, pencucian kendaraan atau laundry, hotel, restoran, hingga rumah sakit.

Beberapa sektor usaha tersebut katanya, perlu diawasi dan dibina agar mampu mengelola limbahnya dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tujuannya tentu mengantisipasi dampak buruk bagi lingkungan atau pencemaran,” ingatnya.

Sekarang ini bebernya, banyak tempat usaha belum berlanggan IPAL seperti laundry dan pencucian mobil.

“Sebagian besar tidak memperhatikan lingkungan, dengan membuang limbah langsung ke alam, tanpa ada pengolahan terlebih dahulu,” sesalnya.

Sebaiknya saran Rahimah, setiap jenis usaha mulai skala rumahan hingga perusahaan tidak luput dari pengawasan yang harus dilakukan.

“Sekalipun kecil limbahnya, tapi bila masuk dalam saluran air selokan tanpa ada pengolahan, maka tetap bisa mencemari lingkungan,” yakinnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait