Pergantian pipa di Jalan HKSN rampung, Distribusi air Bersih ke kawasan Alalak meningkat

Teks foto []istimewa RAMPUNG - Proses pergantian pipa baru di kawasan Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, yang kini telah rampung.

Banjarmasin, kalselpos.com – Proses pergantian pipa baru di kawasan Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, kini telah rampung.

 

Bacaan Lainnya

Pergantian pipa tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan yang ada di kawasan Alalak, Kecamatan Banjarmasin Utara.

 

Pasalnya, untuk di kawasan tersebut sebelumnya untuk distribusi air bersih terbilang masih belum optimal, baik untuk kurangnya tekanan, hilangnya tekanan dan juga kehilangan airnya.

 

Oleh sebab itu, guna mengantisipasi hal tersebut PAM Bandarmasih pun melakukan pergantian pipa baru yang lebih besar, untuk mendistribusikam air bersih kepada pelanggan.

 

Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengungkapkan, pasca pergantian pipa tersebut, untuk pendistribusian air bersih kepada pelanggan saat ini sudah mengalami peningkatan.

 

“Dari data hasil pemeriksaan kita di lapangan, dari daerah yang menjadi sasaran kita sudah mulai mengalami peningkatan,” ungkap Dirops tersebut,, Rabu (7/2) lalu.

 

Adapun hasil dari pergantian pipa tersebut, papar Edwarsyah, untuk dari segi tekanan distribusi sekarang sudah mengalami peningkatan hingga ke ujung jaringan yang ada di kawasan tersebut.

 

“Sekarang airnya sudah relatif 24 jam jalan, dan pelanggan yang menggunakan pompa air juga sudah mulai berkurang. Dimana sebelumnya, untuk diujung jaringan itu untuk tekanan itu hanya sampai 0,9 Bar, setelah pergantian pipa sekarang menjadi 0,2-0,3 Bar tekanan disana,” paparnya.

 

“Dari segi kehilangan tekanan juga sudah berkurang, sehingga hal ini dapat menambah kuantitas pendistribusian air disana,” sambungnya.

 

Selain itu juga, lanjut Edwarsyah, untuk tingkat kehilangan air di kawasan tersebut juga sudah mengalami penurunan, sehingga pelayanan terhadap pelanggan bisa lebih meningkat.

 

“Secara umum yang biasanya kita mendistribusikan kesana itu sebanyak 680 meter kubik perjam, sekarang menjadi 640 meter kubik perjam, yang artinya tingkat kehilangan airnya sudah bisa kita kurangi,” ucapnya.

 

Tidak hanya itu, beber Dirops, untuk memaksimalkan pelayanan di kawasan tersebut, saat ini pihaknya juga melakukan pemasangan pipa baru di kawasan Jalan Perdagangan Banjarmasin Utara.

 

“Di kawasan itu akan kita pasang pipa ukuran 160 mm dan 90 mm, yang nantinya akan membantu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada disana,” beber Dirops.

 

“Jadi ini merupakan bagian dari rangkaian upaya PAM Bandarmasih untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan, terutama dari sisi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas,” pungkasnya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait