Pj. Bupati Barsel Perintahkan Fogging Cegah Meluasnya DBD

Teks foto: Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan saat diwawancarai oleh awak media terkait pelaksanaan fogging untuk mencegah penyebaran wabah DBD. (Istimewa)

Buntok, Kalselpos.com
Setelah banjir yang cukup besar menerjang Kabupaten Barito Selatan (Barsel), dan kini air sudah surut, hanya di dua kecamatan yang masih tergenang air, yakni Kecamatan Jenamas dan Kecamatan Dusun Hilir.

Namun surutnya air atau pasca banjir ini wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang masyarakat di Kabupaten Barsel. Hal ini perlu diwaspadai oleh masyarakat agar tidak terserang nyamuk pembawa virus dengue tersebut.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan mengatakan, dia sudah perintahkan untuk melakukan fogging se-Barsel agar DBD tidak meluas. Memang setelah banjir mulai mereda sekarang mulai marak anak-anak yang terjangkit DBD, dan itu memang biasanya muncul saat pascabanjir disebabkan adanya genangan air.

“Kami sedang memerintahkan kepada jajaran mulai hari ini segera dikonsolidasikan dan atur jadwal untuk melaksanakan fogging di 86 desa dan 7 kelurahan se-Barito Selatan, dengan memberdayakan Puskesmas di tingkat kecamatan, Puskesmas Desa maupun Puskesdes, berkoordinasi dengan Camat, Lurah dan Kepala Desa serta didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Jaraga Sasameh Buntok,” kata Deddy yang juga Direktur Evaluasi Kinerja Bupati Kemendagri usai acara ramah tamah bersama dengan ASN, tenaga kebersihan dan tenaga kontrak di lingkup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barsel, Rabu 31 Januari 2024.

Kemudian dia juga menginstruksikan agar menyiagakan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat maupun bidan.
Selanjutnya mengecek stok obat-obatan yang terkait dengan DBD. Sehingga apabila ada warga yang terserang DBD bisa tertangani dan diobati dengan baik dan obat juga tersedia dengan cukup.

Jadi ujar Deddy, ada tiga langkah yaitu melaksanakan fogging dan menyediakan obat-obatan yang cukup serta menyediakan tenaga kesehatan dan diharapkannya banjir segera berakhir dan DBD juga cepat selesai, wabahnya mereda.

“Himbauan kepada masyarakat mari kita melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. Kalau di rumah kita atau di sekitar rumah kita ada genangan air segera dibersihkan, disisi lain juga memberantas jentik-jentik nyamuk di bak air dan lain sebagainya. Juga diharapkan dapat menghindari gigitan nyamuk seperti menggunakan obat nyamuk, baik semprot, oles, maupun bakar dan bisa juga dengan tidur menggunakan kelambu. Sehingga lebih ideal kita dapat melindungi keluarga kita masing-masing dari nyamuk demam berdarah sehingga dapat meringankan tugas pemerintah,” tutupnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait