Antisipasi Wabah PMK, Disbunnak Batola kembali Imbau Pelaku Usaha Hewan Sapi

Ket foto : Kabid Kesehatan Hewan Disbunnak Batola, Henny Diah Esti Ningsih saat diruang konfirmasi di ruang kerjanya.(Mul)

Marabahan, kalselpos com – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan kembali menghimbau kepada para pelaku usaha hewan sapi yang mendatangkan dari luar daerah agar melapor kepada petugas Disbunnak.

 

Bacaan Lainnya

“Kami menghimbau kepada peternak dan pelaku usaha, khususnya sapi kurban agar melapor kepada petugas kami, sehingga pihak kami akan mengecek kesehatannya,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Batola, Henny Diah Esti Ningsih saat ditemui baru – baru tadi.

 

Disampaikan Henny, sapi yang didatangkan dari luar daerah yang masuk di Batola diwajibkan pakai barcode yang diletakan di telinga sapi, sehingga dari barcode terbaca bahwa sapi tersebut apakah sudah divaksin atau belum.

 

Selain sapi, juga kambing kerbau untuk dilakukan vaksinasi dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

 

Khusus hewan sapi kurban yang didatangkan dari luar daerah, seperti dari Bali, dan Jawa Timur agar segera melapor kepada petugas Disbunnak Batola, sehingga aman kesehatan sapi untuk ibadah kurban nantinya.

 

“Menjelang Idul Adha tahun 2024 ini pelaku usaha dan peternak kami ingatkankan agar segera cepat melapor kepada petugas, sehingga pihak kami bisa mendeteksi kesehatan sapi dari virus, khususnya hewan sapi kurban aman dari segala penyakit dan virus,” imbaunya.

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait