Tanbu Optimalkan Program Tekan Angka Mortalitas dan Stunting

Teks foto Ilustrasi tumbuh kembang anak. (istimewa)

Batulicin, kalselpos.com – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimanatan Selatan, terus mengoptimalkan program tekan angka kematian (mortalilias) terhadap Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta prevalensi stunting.

Pada Selasa, 5 Desember 2023 kemarin, digelar pertemuan konsolidasi dengan para tenaga kesehatan dalam hal ini bidan se-Bumi Bersujud, bertempat di Pendopo Serambi Madinah, kantor bupati setempat.

Bacaan Lainnya

Disampaikan bupati melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, M Putu Wisnu Wardhana kepada kalselpos.com, Rabu (6/12/23) terkait dengan AKI, AKB dan Pravelensi Stunting di Tanbu merupakan permasalahan cukup serius bahkan secara nasional belum terselesaikan.

Meskipun AKI, AKB, dan Prevalensi Stunting itu sendiri kata Wisnu Wardhana pada dekade terakhir mengalami penurunan, tetapi masih tinggi jika di bandingkan dengan negara tetangga di Asia Tenggara.

Dijelaskannya, terkait dengan tingginya AKI, AKB, dan Stunting itu sendiri merupakan dampak dari pelbagai situasi dan status kesehatan reproduksi.

Sementara kesehatan reproduksi itu sendiri di pengaruhi berbagai sebab dan berbagai aspek lainnya.

Seperti masalah gizi, penyakit menular, penyakit tidak menular, kepersertaan ber-KB, kesetaraan gender, status sosial ekonomi dan budaya. jelas Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemkab Tanbu.

Untuk itu perlunya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan reproduksi dan sosialisasi solusif terhadap penanganannya secara langsung. Terlebih pada permasalahan sebelum terjadi kehamilan pada ibu.

Disini seyogyanya para calon pengatin merupakan sasaran program kesehatan dalam rangka menyiapkan kesehatan keluarga untuk layak hamil/siap hamil.

“Diharapkan, dengan melalui kegiatan pertemuan dengan para bidan ini dapat mewujudkan percepatan penurunan AKI, AKB dan Prevalensi Stunting sebagai indikator utama pembangunan kesehatan di Indonesia dan terkhusus di Tanbu,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait