Pemkab Banjar raih penghargaan Maturitas Pelayanan Perkotaan

Teks foto Bupati Banjar Saidi Mansyur menerima penghargaan Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).(ist)

Martapura, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan berhasil meraih penghargaan Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas penerapan Smart City di kabupaten setempat.

Penghargaan dalam bentuk sertifikat diterima langsung Bupati Banjar Saidi Mansyur di Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Penghargaan kami terima dari Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Syafrizal ZA bersama 31 kepala daerah baik kabupaten maupun kota dari seluruh Indonesia,” ujar Bupati Banjar.

Diketahui, penghargaan Maturitas Pelayanan Perkotaan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 tahun 2023 yang diberikan kepada kabupaten dan kota yang memenuhi persyaratan.

 

“Alhamdulillah, Pemkab Banjar sudah menerapkan Smart City yang dimulai sejak tahun 2019 dan diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas,” tutur Saidi.

 

Selain Kabupaten Banjar, daerah lain di Kalsel yang menerima sertifikat yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sehingga hanya dua kabupaten dari 13 daerah di Kalsel yang menerima penghargaan.

 

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Syafrizal ZA menginginkan penilaian indikator yang sudah di verifikasi BSN dan ISO sehingga menjadi apresiasi paling bergengsi pengelolaan perkotaan.

 

“Hadiahnya besar karena diberikan insentif daerah dengan indikator yang terukur, teruji, pengambilan data dan presentasi pada pengambil keputusan soal pendanaan juga dinilai baik,” sebutnya.

 

Syafrizal berpesan kepada penerima penghargaan dengan indikator itu agar terus mengupayakan daerahnya terus tumbuh semakin baik dalam pelayanan sehingga mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait