Pemkab Batola gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Ket foto : Pemkab Batola melalui DKPP kerjasama dengan TP PKK saat menggelar festival pangan lokal 2023 cipta.(ist)

Marabahan, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) kerjasama dengan TP PKK menggelar festival pangan lokal 2023 cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten berlangsung di Selidah Marabahan, Selasa (7/11).

Lomba diikuti 17 tim yang berasal dari 17 kecamatan se-Kabupaten Batola, tiap tim terdiri dari 1 orang kader Posyandu desa dan 1 orang anggota TP PKK Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Tim juri festival pangan B2SA melibatkan ahli dibidangnya meliputi juri dari TP PKK Kabupaten Barito Kuala, ahli gizi, dan DKPP.

Edi Sudarwoso, SP sebagai Kabid Ketahanan Pangan yang selaku panitia festival pangan lokal melaporkan lomba cipta menu B2SA bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pangan B2SA melalui promosi edukasi.

Selain itu, mengolah makanan B2SA untuk anak balita merupakan bagian dari sasaran percepatan penurunan stunting di Posyandu.

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Suharyanti Mujiyat yang diwakili oleh Hj. Elva Sestika Ridho dalam sambutan tertulisnya menyebutkan lomba B2SA dapat memacu kreativitas para Ibu-ibu untuk mengolah beragam masakan dan makanan berbahan pangan lokal.

“Melalui menu B2SA juga mendorong kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi berimbang pada saat menyajikan masakan makanan untuk keluarga, khususnya anak-anak kita,” tutur Suharyanti

Menurutnya, terciptanya beraneka macam menu pangan lokal, yang tentunya bila dikelola dengan baik bisa menjadi sumber usaha yang dapat menambah pendapatan keluarga.

Menyinggung berbagai potensi sumber daya alam yang cukup luas dan besar di Batola, Suharyanti harapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan dengan cara mengolahnya menjadi beragam makanan sehat dan bergizi.

“Minimal menu B2SA mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk dikonsumsi, “pesannya.

Kemudian Penjabat Bupati Batola membuka secara resmi festival pangan lokal lomba menu B2SA yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan perikanan Ir. Noor Ria Khairatie dalam sambutan tertulisnya Pj. Bupati Mujiyat pesankan pemenuhan pangan bagian dari hak asasi individu.

“Pemenuhan pangan sangat penting dalam mendukung pembentukan sumber daya manusia berkualitas tersebut, salah satunya sangat bergantung pada keberhasilan pencukupan pangan dan gizi serta perbaikan pola konsumsi masyarakat,” ujarnya.

Dalam hal ini, Mujiyat sangat menyambut baik diselenggarakannya festival pangan lokal dan lomba cipta menu B2SA sebagai sarana untuk membangun dan meningkatkan daya tarik masyarakat untuk mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

“Untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas melalui keragaman konsumsi pangan yang bergizi seimbang dan aman,” pungkasnya.

Sementara lomba cipta menu B2SA dimenangkan oleh Juara 1 Kecamatan Alalak, Juara 2 Kecamatan Marabahan dan Juara 3 Kecamatan Tabunganen.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait