Pemeriksaan dan Perawatan Senjata Petugas Lapas Amuntai Bersama Polres HSU

Teks foto: Senpi dan amunisi Senpi dan amunisi petugas Lapas diperiksa, untuk dilakukan perawatan dan pemeliharaan bersama Polres HSU. (humas)

Amuntai, kalselpos.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai, melalui jajaran Pengamanan dan Seksi Keamanan dan Ketertiban, melakukan perawatan dan pemeriksaan senjata api dan amunisi.

Pemeriksaan dan perawatan senjata dilakukan bersama personil Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Rabu (08/11).

Bacaan Lainnya

Pemeliharaan ini berlangsung di ruang aula Lapas Amuntai oleh Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan dan Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib.

Perawatan yang dilakukan secara berkala berfungsi untuk menunjang kinerja dan kualitas keamanan yang ada di Lapas Amuntai, terutama petugas yang berada di pos jaga atau pos atas.

Kasiminkamtib, Robbyanoor, mengatakan, senjata api dan amunisi diperiksa, guna memastikan dalam kondisi lengkap dan baik, sehingga dapat menunjang keamanan di dalam Lapas.

“Perawatan senjata api dan amunisi dimulai dengan mengecek jumlah senpi dan amunisi, dilanjutkan dengan mengecek bagian luar body senpi, kemudian membongkar senpi secara teliti serta memeriksa seluruh isi dari komponen-komponen senpi,” terangnya.

Perawatan dan pemeliharaan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan senjata siap digunakan. Ini merupakan langkah antisipasi dan deteksi dini potensi gangguan Kamtib.

“Keadaan senjata api yang ada di Lapas Amuntai masih terawat karena selalu dilakukan pengecekan berkala oleh anggotanya sehingga senjata ini masih tetap terjaga kondisinya,” imbuhnya.

Perawatan atau pemeliharaan tidak lain, demi kenyamanan pada saat bertugas, seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan atau yang mengancam keamanan Lapas, maka senjata tersebut siap untuk digunakan.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait