Masyarakat HSU Mendapatkan Operasi Katarak Gratis

Teks foto: Pj Bupati dan Kadinkes HSU saat memantau pelaksanaan program operasi katarak gratis di Kabupaten HSU. (diskominfosandi)

Amuntai, kalselpos.com – Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendapatkan layanan gratis, berupa operasi Katarak.

Program tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSU dengan pihak perusahaan swasta yang bergerak di bidang Batubara.

Bacaan Lainnya

Operasi gratis ini bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59.

Turut hadir Pj. Bupati HSU, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) HSU, Ketua Pengadilan Negeri, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Dandim 1001 HSU BLG, dan CSR Department Head PT Adaro Indonesia beserta jajaran, Kamis (12/10/2023).

Penjabat(Pj). Bupati HSU, Zakly Asswan mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini untuk mencegah timbulnya penumpukan penderita katarak di Kabupaten HSU, karena penderita katarak ini tidak hanya akan menjadi masalah medis atau klinis.

“Namun, ini juga memasuki ranah sosial mengganggu produktivitas kinerja dan mobilitas penderitanya dan menimbulkan dampak sosial ekonomi bagi lingkungan, keluarga, masyarakat dan negara,” imbuhnya.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah daerah dalam membangun sektor kesehatan, khususnya dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan dan melaksanakan operasi katarak serta berbagai terobosan lainnya. Hendaknya, hal ini disikapi dan didukung oleh semua pihak, seperti dunia usaha swasta dan kalangan organisasi profesi yang ada di Kabupaten HSU.

“Kita meyakini bahwa membantu masyarakat apabila ada kerjasama dan sinergitas antara pemerintah dengan swasta, serta lembaga-lembaga sosial akan terasa mudah dan ringan,” bebernya.

Operasi katarak yang dilaksanakan, seperti membuka kembali mata dunia mereka.

Kepala Dinkes HSU, dr. Mochammad Yandi Friyadi menerangkan, operasi katarak gratis ini dilaksanakan di Dinkes HSU menjaring ke seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten HSU.

“Untuk jumlah pesertanya waktu penjaringan ada sekitar 51 orang yang akan melaksanakan operasi katarak,” ujarnya.

Ia sangat bersyukur adanya bantuan dari PT. Adaro Indonesia terhadap kegiatan kemasyarakatan seperti operasi katarak mata gratis, karena program ini, hampir tiga tahun tidak terlaksanakan di Kabupaten HSU.

“Dan baru pada tahun ini dapat dilaksanakan kembali setelah masa pandemi Covid-19.Semoga kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahunnya lagi dan menyelamatkan masyarakat Kabupaten HSU dari kebutaan akibat katarak mata,” tutupnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait