Personel Kodim 1001 bantu warga padamkan Karhutla

Teks foto Personel Kodim 1001 HSU-Balangan terus membantu warga dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara.(ist)

Paringin, kalselpos.com-Personel Kodim 1001 HSU-Balangan terus membantu warga dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara.

“Untuk meminimalisir adanya karhutla pada lahan milik warga, saya meminta kepada jajaran bintara pembina desa atau Babinsa terus aktif untuk mengedukasi warga khususnya bagi peladang agar tidak membakar lahan sembarangan,” kata Dandim 1001 HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja Senin(2/10) kemarin.

Bacaan Lainnya

Dhuwi juga menekankan kepada jajarannya untuk memberikan imbauan kepada warga untuk mengantisipasi karhutla, juga mencari sumber air terdekat di wilayah rawan untuk memudahkan pemadaman api.

Menurut Dhuwi kemarau panjang seperti saat ini, bisa memicu kebakaran lahan dan hutan serta semak belukar dan tidak sedikit lahan serta semak belukar terbakar di wilayah Balangan dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dandim melanjutkan saat ini musim kemarau sedang berlangsung dan sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga perlu diantisipasi sejak dini terutama wilayah rawa gambut yang kering agar masyarakat tetap berhati-hati.

Dhuwi menyebutkan adanya kebakaran hutan dan lahan ini dapat menimbulkan kerugian baik dari aspek sosial, ekonomi, kesehatan serta lingkungan.

Kemudian Dandim mendorong warga agar lebih bijak dalam mengelola kebun maupun lahan agar terhindar dari bencana kebakaran, dan saat membuka lahan tidak melakukan pembakaran karena dikhawatirkan berpotensi terjadinya karhutla.

Sementara itu Anggota Babinsa Koramil 1001-06/Amuntai Utara, Serma Salim bersama Bhabinkamtibmas dari Polres HSU selalu aktif mengedukasi pencegahan Karhutla pada warga binaan.

Salim mengungkapkan adapun upaya memadamkan lahan tidur yakni, menggunakan alat sederhana seperti mesin portabel kebakaran dan pompa air semprot.

“Kami juga telah mengimbau kepada warga agar tetap terus berhati-hati dan tetap waspada, terutama saat musim kemarau ini berlangsung,” tutur Serma Salim.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait