Pemkab Kotim Apresiasi DPRD Setujui Penyertaan Modal untuk BUMD Habaring Hurung

Teks foto: Bupati Halikinnor dan Ketua DPRD Rinie saat rapat paripurna, belum lama ini. (Foto: Ist/ Diskominfo Kotim)

Sampit,kalselpos.com
Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mengapresiasi DPRD setempat yang telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Perseroan Terbatas Habaring Hurung Sampit- Kalteng.

Bupati Halikinnor mengatakan, peraturan daerah (Perda) tersebut sangat penting sebagai dasar hukum penyertaan modal untuk mendukung BUMD Habaring Hurung agar maju dan berkembang.

Bacaan Lainnya

“Penyertaan modal tersebut merupakan upaya untuk mencapai tujuan dalam pendirian BUMD Habaring Hurung Sampit-Kalteng,” kata Halikinnor, Minggu (10/9/2023).

Menurutnya, usulan penyertaan modal sebesar Rp50 miliar ini juga bagian upaya meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kegiatan pembangunan dalam bidang perekonomian serta memupuk sumber pendapatan asli daerah, salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah, yakni dengan melakukan penyertaan modal BUMD PT Habaring Hurung Sampit-Kalteng.

Harapannya agar badan usaha milik daerah dapat berperan aktif, baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah.

Penyertaan modal merupakan investasi jangka panjang oleh pemerintah daerah kepada badan usaha milik daerah di Kabupaten Kotim. Penyertaan modal perlu dilakukan dalam rangka memperkuat struktur permodalan, sehingga BUMD dapat lebih kompetitif, tumbuh dan berkembang.

“Penyertaan modal kepada BUMD PT Habaring Hurung ini juga dilakukan secara bertahap, menyesuaikan kemampuan keuangan daerah. Semua tentu pasti kita pertimbangkan dengan baik,” ujar Halikinnor.

Sementara itu, berdasarkan Pasal 21 ayat (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, menyebutkan bahwa penyertaan modal daerah ditetapkan dalam Perda.

Oleh karena itu penyertaan modal Pemkab Kotim pada Perseroan Terbatas Habaring Hurung Sampit-Kalteng dapat dilaksanakan apabila jumlah yang akan disertakan dalam tahun anggaran berkenaan telah ditetapkan dalam Perda tentang penyertaan modal daerah.

Raperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Perseroan Terbatas Habaring Hurung Sampit-Kalteng selanjutnya akan dilaksanakan tahapan proses permohonan pemberian nomor register ke Biro Hukum Setda Provinsi Kalteng.

Selanjutnya, pihak eksekutif dapat menetapkan dan mengundangkan Perda tersebut untuk diberlakukan dan dilaksanakan di Kabupaten Kotim.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait