KPH Tala Temukan Puluhan Kayu Tak Bertuan di Bajuin

Teks foto: Ilustrasi - Illegal Logging.(ist)

Banjarbaru,kalselpos.com – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut (Tala) menemukan puluhan potong kayu tak bertuan di wilayah Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut sepekan lalu.

Kabid Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (PKSDAE) Dishut Kalsel, Pantja Satata mengungkapkan, penemuan kayu bermula dari laporan masyarakat yang disampaikan kepada KPH Tala.

Bacaan Lainnya

Mendapat laporan, tim langsung bergerak cepat menuju lokasi dan benar ditemukan ada kayu berjenis rimba campuran dengan berbagai ukuran yang diduga hasil penebangan liar dari kawasan hutan Gunung Batu Besawar yang masih dalam wilayah KPH Tanah Laut.

“Kayu temuan itu berbentuk log dengan diameter rata-rata 30-40 sentimeter dan panjang 4 meter ditemukan di Desa Pemalongan, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Karena tidak ada orang di sekitar lokasi, tim tak bisa menemukan informasi kepemilikannya,” ujar Pantja Satata kepada wartawan, Rabu (19/7).

Dia sampaikan, tim langsung melakukan tindakan dengan memasang garis polisi dan mematok kayu tersebut.
Pantja menyebut, seminggu sebelumnya, tim juga mengamankan tumpukan kayu ilegal di lokasi berbeda.

Tumpukan kayu yang juga diduga hasil penebangan liar dengan jenis ulin tersebut ditemukan di Desa Gendang Timur, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru.

Kayu tersebut kemudian diangkut dan diamankan ke Kantor KPH Sengayam untuk dilakukan pengukuran oleh petugas yang berwenang.

Menanggapi masih adanya kayu temuan dari hasil pembalakan liar ini, Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra berharap kepada petugas untuk sering melakukan patroli pengamanan hutan sehingga diharapkan mampu mengurangi tindak kejahatan illegal logging di wilayah kawasan hutan.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait