Petugas Lapas Amuntai dan Warga Binaan Laksanakan Harkitnas Ke-115

Petugas Lapas Amuntai dan Warga Binaan saat mengikuti apel Harkitnas. (humas)

Amuntai, kalselpos.com– Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai menggelar peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-115, Senin (22/05).

Hari Kebangkitan Nasional adalah momen yang menandai tumbuhnya rasa kesadaran nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran masyarakat Indonesia sebagai suatu bangsa.

Bacaan Lainnya

Peringatan Harkitnas ini mengacu pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang sejarah pergerakan pemuda Indonesia.

Pelaksanaan upacara pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Amuntai ini dilaksanakan di lapangan Lapas Amuntai yang diikuti oleh seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan.

“Kita bersama-sama petugas dan warga binaan yang mengikuti apel Harkitnas ini,” kata Plh Kepala Lapas Amuntai, Muhammad Kuderi.

Tema Peringatan Harkitnas tahun ini, ‘Semangat untuk Bangkit yang bermakna membangkitkan nilai nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran memerdekakan harapan masyarakat Indonesia.’

Upacara ini berjalan dengan lancar dan khidmat dipimpin Plh Kepala Lapas Amuntai selaku Inspektur Upacara.

Kesempatan itu, Plh Kalapas Amuntai menyampaikan, hendaknya semua dapat memaknai semangat pantang menyerah Boedi Oetomo yang telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional.

“Yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” sampainya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait