Penetapan 1 Ramadhan 1444 H, Kemenag Barsel Tunggu Hasil Sidang Isbat

Kakankemenag Kabupaten Barito Selatan, H. Arbaja. (ist)

Buntok,kalselpos.com
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Provinsi Kalimantan Tengah, H. Arbaja, S.Ag., M.A.P menghimbau, bagi umat Islam di Barsel untuk bisa bersabar menunggu pengumuman sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag) RI tentang kepastian 1 Ramadhan 1444 H tahun 2023 ini.

“Kapanpun 1 Ramadhan 1444 H nantinya dilaksanakan kita serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah dalam hal ini Kemenag RI sesuai hasil sidang isbatnya, dan tentunya berdasarkan keyakinan dari kaum muslimin Ramadhan 1444 H apa dilaksanakan di tanggal 23 Maret 2023,” ungkap H. Arbaja kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis, (16/3/2023).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan,
meskipun dari Muhamadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023, namun pada intinya ia menghimbau agar sama-sama melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

“Pengumuman awal pelaksanaan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam di Indonesia, tentunya akan diumumkan oleh Kemenag Pusat setelah dilaksanakan sidang isbat oleh karena itu kepada seluruh umat Islam di daerah ini dihimbau agar mempersiapkan diri dan qalbu untuk menyambut serta mengisi bulan suci Ramadhan dengan amaliyah terbaik yang kiranya bisa dilaksanakan dengan baik pula,” jelasnya

Ditambahkannya, yang tidak kalah penting juga karena saat ini sudah semakin mendekati tahun politik otomatis melalui bulan suci Ramadhan mari kita bersama-sama mengendalikan hawa nafsu dan emosi. Yang pada akhirnya menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, Insha Allah kita akan menghadapi tahun politik ini dengan sejuk, damai, indah, saling menghormati dan saling menghargai.

“Tentu saja ini, merupakan hal yang paling indah kalau kita bisa mencapai tujuan bernegara, beragama, secara seiring dan sejalan,” pungkas Arbaja.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait