Bupati Saidi Mansyur imbau Masyarakat Waspada Bencana Banjir

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur serahkan secara simbolis bantuan dana untuk warga terdampak banjir di daerahnya. (foto: istimewa)

Martapura, kalselpos.com – Bupati Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, H Saidi Mansyur bersama wakilnya, Habib Idrus Al-Habsyie mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai bencana banjir.

Karena debit air sungai bisa meninggi secara tiba-tiba apabila hujan turun dengan intensitas tinggi.

Bacaan Lainnya

Akhirnya, banjir benar-benar terjadi. Puncaknya, pada akhir Februari 2023 puluhan ribu rumah terendam di sejumlah kecamatan.

Dalam melakukan mitigasi bencana alam di daerahnya Saidi bertindak cepat dengan mengundang seluruh stakeholder terkait untuk menetapkan status darurat bencana sejak 27 Februari hingga 13 Maret 2023.

Penetapan status darurat bencana selama 14 hari tersebut berdasarkan situasi, kondisi, data dan fakta di lapangan.

“Saya minta SKPD terkait memantau kondisi di lapangan, dan menyalurkan bantuan kepada korban banjir yang membutuhkan,” katanya.

Saidi menambahkan, permasalahan banjir merupakan tanggungjawab bersama dan dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada beberapa pihak yang memberikan bantuan kepada korban. “Setidaknya bisa meringankan beban warga terdampak banjir,” tambahnya.

Sedangkan pada masa pasca bencana, Saidi menginstruksikan SKPD terkait untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak. Juga menangani sekolah yang terdampak banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita menjelaskan, peran mereka dalam penanganan banjir ini melalui Tim Reaksi Cepat ( TRC ) BPBD telah menyalurkan bantuan ke sejumlah kecamatan yang terdampak.

Mereka juga memberikan suplai air bersih, serta membantu mobilisasi warga di wilayah terdampak banjir.

“Tim BPBD bekerja secara bergantian setiap hari turun ke lokasi, dibantu beberapa pihak dalam penanganan banjir ini,” ujar Warsita.

Hal sama dilakukan pihak Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Banjar. Mereka melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir.

Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial, H Aswadi menyampaikan, pihaknya telah menurunkan personel Tagana untuk membuka dapur umum di lokasi banjir.

Terkait bantuan logistik, ia menuturkan, pihaknya rutin menyalurkan beras dan bantuan lainnya. Baik dari para donatur, maupun dari gudang mereka sendiri. “Kalau beras, biasanya kami serahkan ke BPBD. Karena mereka yang tahu daerah mana yang memerlukan,” pungkasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait