Antisipasi lahan yang makin sempit, DKP3 Balangan Tingkatkan indeks Penanaman

Kepala DKP3 Balangan Tuhalus.(ist)

Paringin,kalselpos.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan meningkatkan indeks penanaman dua sampai tiga kali pada lahan yang mempunyai sistem irigasi untuk mengantisipasi lahan yang semakin sempit.

“Lahan pertanian di Balangan ini sudah tidak bisa diperluas lagi dikarenakan alih fungsi lahan, oleh sebab itu kami melakukan pemanfaatan lahan dengan meningkatkan indeks tanam yaitu penanaman dua sampai tiga kali pada lahan yang mempunyai sistem irigasi,” kata Kepala DKP3 Balangan Tuhalus di Paringin, Rabu (8/3) kemarin.

Bacaan Lainnya

Tuhalus menuturkan, bahwa salah satu cara untuk meningkatkan indeks tanam pada lahan pertanian dengan cara memberikan penyuluhan kepada para petani melalui para penyuluh pertanian yang ada di desa-desa di Balangan.

Menurut Tuhalus, program penambahan tenaga penyuluh satu desa satu penyuluh yaitu untuk membimbing para petani yang ada di Kabupaten Balangan.

“Meski lahan di Balangan ini sudah dalam keadaan sempit, tetapi kami terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pada sektor pertanian melalui indeks pertanaman,” tuturnya.

Tuhalus mengajak kepada seluruh jajaran dan para petani, walaupun lahan di Kabupaten Balangan ini semakin sempit tetapi harus terus berupaya semaksimal mungkin dalam melakukan aktifitas bertani salah satunya dengan meningkatkan indeks penanaman.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait