DPPKB HSU Launching ‘DASHAT’

Launching DASHAT di Desa Kayakah, Kecamatan Amuntai Selatan. (diskominfosandi)

Amuntai, kalselpos.com – Desa Kayakah, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjadi Desa yang menerapkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) usai di launching oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB ) Kabupaten HSU.

Launching DASHAT di Desa Kayakah, yang juga Kampung Keluarga Berkualitas (KB), kemarin.

Bacaan Lainnya

Camat Amuntai Selatan, Jumadi mengatakan, perlunya dukungan peran serta seluruh masyarakat, sehingga semua program pemerintah dalam mengatasi stunting di daerah HSU.

” Harapan kita melalui kegiatan dapur sehat atasi stunting di daerah kita berjalan lancar ,sesuai aturan yang telah ditetapkan dan mendapatkan dukungan setiap warga masyarakat,” ujar Jumaidi.

DPPKB selaku instansi terdepan dalam program penurunan stunting melalui Kepala Bidang KB dan Advokasi DPPKB HSU Tabrani, membacakan sambutan tertulis Kepala DPPKB HSU yang tidak dapat berhadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala DPPKB HSU mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung dan berhadir di kegiatan DASHAT ini.

“Kami selaku Kepala DPPKB HSU mengucapkan ribuan terima kasih dan menyambut baik serta memberikan apresiasi tinggi kepada semua yang berhadir di kegiatan ini sehingga kegiatan launching DASHAT berjalan baik dan lancar,” sampainya.

Sementara, narasumber pada kegiatan tersebut Chairunisa dari Dinas Kesehatan HSU selaku instansi mitra dalam penanganan stunting di HSU menyampaikan, peranan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang, bagi keluarga yang mempunyai risiko stunting, seperti ibu hamil, ibu menyusui,balita serta calon pengantin dengan memanfaatkan sumberdaya lokal termasuk bahan pangan lokal yang dapat dipadukan dengan sumberdaya dari mitra lainnya.

Terkhusus bagi ibu hamil dan menyusui kebutuhan gizi sangat banyak dibutuhkan.”Bagi ibu hamil untuk makan siang memerlukan kalori yang cukup banyak yaitu mencapai 733 sampai 780 kilo kalori karena untuk pemenuhan ibu dan janin,” tandasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait