Bumdes Karya Bakti gandeng UMKM bangkitkan Ekonomi Desa Pantai

BUMDes Karya Bakti Desa Pantai berusaha untuk dapat membantu bagi para UMKM dalam memasarkan produk olahannya.

KOTABARU, kalselpos.com – Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan sudah mempunyai Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dengan nama Karya Bakti.

“Keberadaan Bumbes ini, untuk membantu warga setempat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di sini,” ujar Ketua Bumdes Karya Bakti, Mardiansyah.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, meski mengawali usaha dengan modal yang terbatas BUMDes Karya Bakti Desa Pantai akan berusaha untuk dapat membantu bagi para UMKM dalam memasarkan produk olahanya.

Terlihat beberapa olahan UMKM yang dibeli oleh BUMDes Karya Bakti seperti tas yang terbuat dari purun, acan atau terasi ini asli buatan kelompok warga Desa Pembelacanan, amplang, kerupuk bandeng dan juga gula merah buatan UMKM warga Pantai Kelumpang Selatan, untuk dijual kembali ke masyarakat sebagai ciri khas oleh oleh Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan.

Kepala Pemerintahan Desa Pantai H Hamiansyah saat ditemui, Minggu (18/12) siang mengatakan, sangat mengapresiasi usaha masyarakat yang dikembangkan melalui BUMDes.

“Keterbatasan anggaran tentunya menjadi kendala tersendiri namun hal itu dapat disiasati dengan mengajukan bantuan dan mengembangkan BUMDes untuk melaksanakan kegiatan UMKM dari warga sekitar yang kemudian diwadahi melalui badan usaha milik desa,” ujar Kades Pantai ini.

Maka dari BUMDes harus dikelola dengan baik tentunya bertujuan untuk dapat menunjang kemandirian desa. Kepada masyarakat agar dapat mendukung BUMDes yang kita bangun semata-mata untuk kemajuan desa seperti meningkatkan pembangunan dengan mengoptimalkan peranan BUMDes, perekonomian desa kita bisa terus maju,” ungkap H Hami sebutan Akrab Kades Pantai ini.

“Saya juga berharap terbentuknya BUMDes ini akan dapat menyediakan bermacam-macam oleh-oleh khas Desa Pantai apa lagi kalau kita lihat setiap minggunya ratusan bahkan ribuan para tamu berdatangan untuk berkunjung ke salah satu ulama besar karismatik di daerah kami. Dengan terbentuknya BUMDes di Desa Pantai akan mampun mendongkrak ekonomi warga setempat,” terangnya pula.

Hal senada juga disampaikan oleh Rudi Hartono Ketua BPD Desa Pantai bahwa, pihaknya terus akan membantu dan mensuport para pengelola BUMDes agar lebih berkembang dan tentunya memudahkan masyarakat untuk membeli oleh-oleh khas Desa Pantai.

“Apalagi kerupuk bandeng, amplang dan tas purun ini sudah sampai ke pasar nasional dan sekarang BUMDes Karya Bakti telah mewadahi para UMKM dan apa bila nanti ada tamu yang datang ingin mencari oleh-oleh khas Desa Pantai tinggal datang saja ke Kios BUMDes Karya Bakti yang berlokasi di Pasar Pantai,” pungkasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait