Polsek Kelumpang Barat Kotabaru bersama Tim lakukan pengecekan Bangkai Pesawat

Salahsatu serpihan bangkai pesawat, yang berada di Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten Kotabaru.Ardiansyah / kalselpos.com

Kotabaru, kalselpos.com

Kapolsek Kelumpang Barat, Iptu Hendrie Ade AS bersama Koramil 1006- 04 dan tim lainnya melaksanakan pengecekan Bangkai Pesawat yang berada di Desa Bungkukkan, Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten kotabaru, Jumat (16/12/2022).

Bacaan Lainnya

Kapolsek Kelumpang Barat Iptu Hendrie Ade AS mengatakan, lokasi bangkai pesawat berjarak dari Desa Bungkukkan menuju TKP sekitar 20 Kilometer.

Tim menuju lokasi menggunakan sepeda motor sejauh 10 Km dilanjutkan berjalan kaki 10 Km dengan estimasi waktu empat jam, menuju lokasi bangkai pesawat.

“Berjalan kaki melintasi areal pegunungan kapur terjal dan curam, hutan dan aliran sungai yang berlumpur,” ujar Kapolsek.

Sesampainya dilokasi,
tim menemukan salah satu serpihan pesawat yang di duga serpihan Sayap kiri pesawat, ukuran Panjang 7 meter dan Lebar 2,5 meter yang terbuat dari bahan aluminium.

Kemudian dilakukan pendataan, pembersihan dan ditemukan tulisan (DRYVERTANDWIELKAST).

Selanjutnya, dilokasi berbeda dikawasan yang sama berjarak sekitar 2 Km, ditemukan kembali serpihan Pesawat diantaranya, puing-puing serpihan badan pesawat, serpihan sayap, serpihan baling-baling dan bangkai mesin.

“Terdapat juga botol besi yang dimungkinkan adalah Apar pemadam kebakaran dan tabung gas oksigen tabung besar 2 buah, tabung sedang 3 buah dan tabung kecil 2 buah,” bebernya.

Setelah itu, lokasi temuan dipasangi Police Line oleh Polsek Kelumpang Barat, di areal serpihan sayap pesawat.

“Selanjutnya team kembali melakukkan perjalanan balik menuju
Mapolsek Kelumpang Barat dan
mengamankan barang bukti dari serpihan pesawat dan 1 tabung Apar pesawat,” terangnya.

Menurut catatan, bahwa
bangkai pesawat yang berada di Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten Kotabarubangkai pesawat yang berada di Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten Kotabaru, pada dasarnya sudah banyak di ketahui warga Kecamatan Kelumpang Barat karena pertama kali di temukan warga pada tahun 1980.

Saat ini keberadaan bangkai pesawat Viral kembali, di karenakan postingan warga masyarakat yang saat melakukan pengukuran tapal batas desa antara Bungkukan dan Magalau Hulu.

Berdasarkan keterangan dari beberapa tokoh masyarakat, Kecamatan Kelumpang Barat perkiraan jatuhnya pesawat tahun 1948 jenis pesawat dari negara USA , yang mana ada salah satu Pilot pesawat yang selamat dan di bawa ke Kotabaru.

Pada tahun 1998 keberadaan bangkai pesawat pernah diberita stasiun televisi dan radio nasional Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari beberapa warga masyarakat menginformasikan, ada beberapa dari warga masyarakat sekitar yang memanfaatkan bangkai pesawat dengan mengambil besi dan kuningan dari bangkai pesawat untuk di buat menjadi benda Pisau atau sejenis parang.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait