Pemkab HSU bersama BPS Gelar Rakor Regsosek

Rakor pemerintah daerah bersama BPS HSU. (istimewa)adiyat.kalselpos.com

Amuntai, kalselpos.com– Rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Reg Sosek) satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) digelar.

Rakor dilakukan oihak pemerintah daerah bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) di Mess Nagara Dipa, Selasa (20/09).

Bacaan Lainnya

Mengusung tema ‘Mencatat Untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat’ Rakor dibuka langsung Plt. Bupati H Husairi Abdi.

Husairi mengatakan, rakor (Regsosek) registrasi sosial ekonomi merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan data yang komprehensif bagi masyarakat, serta mempermudah para pengguna data yang ingin memanfaatkan data untuk kemajuan pembangunan kalimantan selatan, khususnya Kabupaten HSU.

Kolaborasi Pemerintah daerah dengan BPS setempat harus terus ditingkatkan mengingat, saat ini data sosial ekonomi sangat diperlukan dalam rangka pembangunan masyarakat kalimantan selatan yang berkelanjutan.

“Dengan kondisi global yang tidak menentu dan menyebabkan inflasi di berbagai daerah serta kenaikan harga BBM, pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan. bantuan sosial, sebagai bagian dari perlindungan sosial, harus kita salurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, termasuk yang terdampak pandemi Covid-19,” katanya.

Registrasi sosial ekonomi nantinya akan menghasilkan data terpadu , tidak hanya untuk perlindungan sosial saja akan tetapi keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat sehingga kebijakan pemerintah lebih terarah dan tepat sasaran.

Husairi mengharapkan dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar dari kegiatan regsosek ini, sudah seharusnya mendapat dukungan dari semua pihak.

Pemda mendukung dan memberikan fasilitasi terlaksananya pendataan ini. kepada BPS sebagai instansi pelaksana, Husairi berharap untuk melakukan pendekatan yang humanis dan persuasif kepada masyarakat tentang pentingnya data yang sedang dikumpulkan pada pendataan awal reg sosek ini.

“Lakukan komunikasi terlebih dahulu kepada perangkat desa, kelurahan serta kecamatan agar masyarakat yang akan didata memahami esensi dari pendataan ini sehingga mereka mau menerima petugas dan memberikan jawaban yang sebenar-benarnya,” jelasnya.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait