Bupati Tabalong Canangkan Desa Jirak Sebagai Kampung Haruan

Pencanangan Desa Jirak sebagai Kampung Haruan ditandai dengan pelepasan indukan ikan gabus oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani di Kolam Tani Liang Perdana pada kamis (15/9).ali.kalselpos.com

Tanjung, kalselpos.com– Desa Jirak yang berada di Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong ditetapkan menjadi “kampung Haruan” atau kampung ikan gabus.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani meresmikan Desa Jirak Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong menjadi “kampung Haruan” atau kampung ikan gabus.(ali)kalselpos.com

Pencanangan Desa Jirak sebagai Kampung Haruan ditandai dengan pelepasan indukan ikan gabus oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani di Kolam Tani Liang Perdana pada Kamis (15/9).

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan pendapatan petani dan warga Jirak.
“Ini harus ditingkatkan karena kita sedang menghadapi persoalan besar angka inflasi semakin tinggi bukan hanya Indonesia tapi dunia,” tuturnya saat menyampaikan sambutan dihadapan masyarakat Jirak.

Anang pun akan memberikan perhatian khusus terhadap program yang ada di Desa Jirak.

“Kita perlu beri perhatian khusus disini supaya kalau berhasil ketahuan kalau gagal ketahuan. Tapi kali ini harus berhasil,” ujarnya.

Sebelumnya Ia membayangkan apa bisa mengangkat desa Jirak karena tantangannya faktor alam.
“Ketika kades belum dilantik saya panggil, saya bilang ke kades angkat harkat dan martabat masyarakat desa Jirak, angkat kemampuan ekonomi desa. Setelah saya masuk kesini Alhamdulillah petak sawah yang dulu dikatakan gagal Insha Allah ini bangkit kembali,” ucapnya.

Selain Ikam Haruan dan Patin, Ia meminta warga bisa membuat ikan kering dari ikan puyau, sapat maupun sapat siam.

“Saya akan lihat apabila masyarakat serius Insha Allah saya akan bantu, saya realisir karena itu bantuan pribadi.
Kalau itu bisa dilakukan, terus ditambah budidaya haruan, ikan patin maka pendapatan warga Jirak akan mengalami perubahan yang luar biasa” timpal Anang.

Anang juga menyampaikan tanah di daerah Jirak sangat cocok untuk perkebunan tanaman keras.
“Betapa adilnya Allah SWT, di daerah rendah seperti ini ada tanah kualitas nomor satu, ini paling mahal harganya. Makanya bukan hanya tanam kelapa tetapi rambutan, jeruk, langsat dijamin manis. Lakukan penanaman yang lain ini dilakukan karena Tabalong ini menjadi penyangga ibukota negara baru,” ucapnya.

Ia mengatakan apabila alat beratnya masih kurang untuk melakukan pengerjaan pihaknya akan bekerjasama dengan Kodim 1008/Tabalong.

“Supaya ini cepat dikerjakan, jadi lanjutkan hal-hal yang sifatnya positif ini, saya sangat memahami medannya memang agak berat tapi ini masih mending. Teruskan saja Kades Jirak dan kepala desa lainnya, saya akan selalu datang jika ada hal positif seperti ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan panen patin kolam dalam serta penanaman kelapa di area lokasi.
Bupati Tabalong didampingi Dandim 1008/Tabalong, Czi Catur Witanto, perwakilan Polres serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait