Dinkes Balangan Gelar Sosialisasi Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia

SAMBUTAN- Plt Kadiskes Kabupaten Balangan H.Bejo Prayogopada saat menyampaikan sambutan pada kegiatan sosialisasi penyakit kusta di Kabupaten Balangan.( kurnadi)(kalselpos.com)

Paringin, kalselpos.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan sosialisasi Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia Melalui Kampanye Eradikasi Frambusia.

Sosialisasi berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan pada Senin (22/8) diikuti kepala puskesmas, para dokter dan pengelola program P2USTA dan Frambusia se-Kabupaten Balangan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Balangan H. Bejo Prayoga.

Dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh bidang terkait, puskesmas dan pihak – pihak yang konsisten mendukung program eliminasi penyakit Kusta dan Eradikasi Frambusia di Kabupaten Balangan.

Menurut H. Bejo penyakit kusta dan Frambusia merupakan salah satu penyakit menular yang menimbulkan masalah yang sangat kompleks atau disebut juga dengan penyakit Tropis Terabaikan.

” Pemerintah memberikan perhatian yang lebih besar terhadap penyakit tersebut beberapa tahun terakhir, dalam hal ini Kemenkes dengan menerbitkan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 13 Tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan Menkes RI No 21 Tahun 2020 tentang rencana strategis Kemenkes tahun 2022 – 2024,”katanya.

Ditambahakannya, salah satunya mencantumkan penyakit Kusta Frambusia sebagai salah satu indikator kinerja yang dicapai selanjutnya, juga untuk mencapai target Eradikasi Frambusia diperkuat dengan penetapan Permenkes No 8 Tahun 2017.

H. Bejo menerangkan berdasarkan data Kabupaten Balangan merupakan salah satu daerah Endemis Rendah kasus Kusta dimana penemuan kasus kusta dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (2019-2021).

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait