Pengukuhan Siswa SMP, Bupati HSS Minta Anak-anak melanjutkan sekolah ke Jenjang SMA sederajat

MENGUKUHKAN- Bupati HSS Achmad Fikry mengukuhkan siswa/siswi SMP Negeri dan Swasta yang lulus sekolah. (Sofan) (kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengukuhkan peserta didik kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta se -Kabupaten HSS yang telah lulus sekolah Kamis (23/6) di Lapangan Lambung Mangkurat, Kota Kandangan.

PENGUKUHAN- Siswa/siswi SMP Negeri dan Swasta yang lulus mengikuti pengukuhan.(Sofan)(kalselpos.com)

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammad Ilyas mengatakan, pengukuhan dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada peserta didik yang telah lulus SMP yang hampir semua peserta didiknya berada dimasa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Pengukuhan siswa SMP ini diikuti sebanyak 1.117 siswa/siswi dari 36 SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten HSS, yang telah mampu melewati masa pandemi Covid-19 dengan bersemangat, sehingga bisa menyelesaikan sekolah dengan baik dan tetap sehat,” ujarnya.

Ia berharap, pengukuhan dapat memberikan semangat kepada siswa/siswi yang telah lulus, dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang selanjutnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry, mengucapkan selamat dan sukses kepada siswa/siswi yang telah meraih pendidikan, sehingga bisa dinyatakan lulus dan dikukuhkan bersama-sama.

“Terima kasih kepada kepala sekolah dan dewan guru yang telah menginisiasi pengukuhan bersama. Pengukuhan ini yang pertama kali di Kabupaten HSS untuk jenjang SMP dan ini sangat luar biasa,” kata Bupati Fikry.

Sekian tahun lalu, kata bupati, pengukuhan hanya dilakukan untuk SMA/SMK dan SMP belum, namun kali ini menjadi tonggak sejarah SMP Kabupaten HSS bisa melakukan bersama dalam arena pengukuhan.

“Semoga melalui kebersamaan kepala sekolah dewan guru bisa melahirkan dan mengembangkan inovasi baru untuk kemajuan anak-anak kita,” ujar Bupati Fikry.

Bupati berpesan kepada siswa/siswi yang telah lulus sekolah untuk terus melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya, baik di SMA, SMK dan MA. “Sesuai dengan program Kabupaten HSS anak-anak minimal wajib belajar 12 tahun, sehingga perlu melanjutkan sekolah SMA sederajat,” ujarnya.

Jika ada yang ingin kawin, kata bupati, untuk sementara tidak boleh untuk menekan pernikahan usia dini, yang resikonya sangat tinggi bagi perkawinan dini. “Untuk sementara tidak boleh kawin dan lanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” ujar bupati.

Untuk itu, Bupati Fikry minta semua kepala sekolah untuk menghantarkan semua siswa/siswi yang lulus melanjutkan ke sekolah yang mereka mau, sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.
“Jika tidak bisa melanjutkan sekolah karena faktor ekonomi lapor dengan kepala sekolah dan akan kami akan tangani bersama. Kami tidak mau keterbatasan ekonomi anak menjadi tidak sekolah,” tegas Bupati Fikry.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.