PT BIB Gelar Aksi Tanam Mangrove di Desa Sungai Dua Laut

Sekda Tanbu H Ambo Sakka dan Hasan Asyhari saat memberikan keterangan kepada awak media.(kristiawan) (kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – PT Borneo Indobara (BIB) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar aksi penanaman mangrove dan bersih-bersih pantai di Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban pada Sabtu, 18 Juni 2022.

 

Bacaan Lainnya

 

Yudha HES Enveronment & Recklamation Dep Head PT BIB saat wawancarai Bersama awak media.(kristiawan)Yudha HES Enveronment & Recklamation Dep Head PT BIB saat wawancarai Bersama awak media.(kristiawan)(kalselpos.com)

Kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah H Ambo Sakka mewakili Bupati Tanbu HM Abah Zairullah Azhar ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 dengan mengusung tema secara nasional “Satu Bumi untuk Masa Depan” sementara tema dunia “Only One Earth”.

Mewakili Kepala Teknik Tambang PT. BIB, Hasan Asari mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan pemerintah daerah melaksanakan aksi nyata, yakni melakukan kegiatan bersih pantai dan penanaman 2000 batang mangrove di pesisir pantai Desa Sungai Dua Laut.

“Kenapa PT BIB memilih untuk menanam Mangrove bukan bakau? Sebab kita ketahui bersama banyak sekali manfaat dari hutan mangrove, yakni ada tiga hal yang utama, pertama hutan mangrove bisa mencegah terjadinya abrasi pantai kedua hutan mangrove juga dapat sebagai penghasil oksigen dan menyerap gas beracun, kemudian yang terakhir hutan mangrove juga dapat berfungsi sebagai biota laut dan mata rantai plankton dan makanan ikan-ikan kecil,” papar Hasan Asari.

Kemudian, Yudha HES selaku Enveronment & Recklamation Dep Head PT BIB menjelaskan, bahwasanya kawasan seluas 1/3 hektar di bibir Pantai Sungai Dua Laut yang menjadi obyek penanaman tersebut, menurutnya merupakan kawasan atau lahan yang cukup kritis.

Tak hanya melakukan penanaman saja, di dalam kegiatantan tersebut juga dilakukan kegiatan bersih pantai serta melaksanakan beberapa program selama kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Tahun 2022 ini.

“Kemudian dari rangkaian sebelumnya seperti, webinar, sosialisasi terkait lingkungan hidup, melaksanakan kegiatan lomba foto dan video yang bertemakan lingkungan serta melakukan gerakan bersepeda sehat,” terangnya.

Terpisah, Bupati Tanah Bumbu HM Abah Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah H Ambo Sakka mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon mangrove dan bersih-bersih pantai.

Karena di samping sebagai bentuk kepedulian sosial dalam menjaga keberlangsungan ekosistem Mangrove di daerah ini, juga bertepatan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

“Hal ini mengingatkan kita akan kewajiban untuk menjaga alam dan melestarikan alam. Karena bumi yang kita tinggali sekarang akan menjadi rumah bagi anak dan cucu kita di masa mendatang, sehingga generasi masa depan dapat hidup di lingkungan yang lebih bersih, aman, dan hijau,” kata Sekda Tanbu.

Oleh karena itu melalui momentum penanaman pohon mangrove dan bersih pantai ini, Pemerintah Kabupaten Tanbu menghimbau kepada para pemerhati lingkungan dan seluruh lapisan masyarakat, mari bergabung bersama-sama, dan turut mensukseskan kegiatan ini.

“Sebab dengan kita saling bersinergi, bersatu padu dan saling bahu membahu dalam membangun, Insya Allah bersama dengan adanya gerakan ini kita mampu menyelamatkan hutan mangrove, dan mewujudkan lingkungan alam di Bumi Bersujud yang lestari,” tutup Sekda Tanbu.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.