Ledeng mati empat bulan, Warga Tanjung Berkat merasa di PHP

Warga Jalan Tanjung Berkat tunjukan kondisi air bersih PDAM Bandarmasih yang tidak mengalir.Muhammad Fudail (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Warga Jalan Tanjung Berkat RT 15, Kelurahan Teluk Tiram, Kecamatan Banjarmasin Barat mengeluhkan kondisi air bersih dari PT Air Minum Bandarmasih (Perseroda) yang tidak mengalir selama tiga hingga empat bulan terakhir.

Pantauan wartawan pada Jumat (06/05/22) siang, terlihat warga Tanjung Berkat RT 15 memperlihatkan air yang tidak keluar di saluran kran.

Bacaan Lainnya

Warga mengaku selama empat bulan ini merasakan kesusahan mencari air bersih untuk aktivitas memasak, cuci pakaian hingga mandi.

“Sudah lama tidak jalan, kami tidak bisa mandi, cuci pakaian dan masak dengan air bersih. Hanya bisa membeli air,” ujar warga setempat Nurlaila, kepada wartawan.

Terkecuali, terpaksa harus mandi dengan air sumur dan untuk minum sehari-hari harus membeli.

“Biasanya membeli air itu Rp500 satu dirigen isi 10 liter. Padahal meski air ledeng mati, kami tetap bayar bulanannya,” ungkapnya.

Sementar, Ketua RT 15 Annang mengatakan, kondisi matinya air bersih itu sudah dilaporkan ke pihak PT Air Minum Bandarmasih (Perseroda). Namun tidak ada tanggapan sama sekali.

“Kemarin sudah melaporkan melalui layanan online, surat dan datang langsung. Tetapi PDAM hanya bisa mengecek dan menyuruh menunggu saja, tapi tidak ada tanggapan sama sekali,” terangnya.

Sempat jelasnya, ada air yang mengalir dibeberapa rumah, tetapi airnya kotor, berbau, dan hanya sebentar saja mengalir.

“Kalau ledeng mati tidak hanya di RT 15, tapi ada beberapa RT seperti 16,17,dan 18 juga macet,” bebernya.

“Warga bisa menggunakan air sungai hingga air bawah rumahan, sebab tidak ada solusi dari PDAM yang hanya bisa memberikan harapan palsu (PHP),” tutupnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.