Revolusi Hijau di Kalsel didukung Sarpras Karhutla Kementerian LHK

  • Whatsapp

Banjarbaru, kalselpos.com – Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Fatimatuzzahra membuka acara serah terima  bantuan Operasional Sarpras Karhutla, bertempat di halaman belakang Kantor Dishut Kalsel, Selasa (28/9/2021).

Bacaan Lainnya

Acara yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat itu, juga dihadiri  Kepala Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah IX.

Acara  tersebut bertujuan untuk proses mitigasi bencana khususnya pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) yang ada di Provinsi Kalsel.

Bantuan operasional Sarpras Karhutla dari Kementerian LHK melalui BPHP diberikan kepada tiga KPH lingkup Dinas Kehutanan, yakni KPH Balangan, KPH Sengayam, dan KPH Tanah Laut, yang diterima langsung oleh Plt Kadishut secara simbolis.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel, mewakili gubernur, Dinas Kehutanan mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas support yang diberikan Kemen LHK terkait dengan pengendalian Karhutla di Kalsel.

“Paling tidak, kita bisa membekali teman-teman di lapangan dan ini sangat membantu. Sarpras ini untuk pengendalian secara dini terhadap karhutla,” ujar Aya (sapaan akrab Fatimatuzzahra).

Disampaikannya, pada tahun ini Kalsel  diuntungkan dengan cuaca yang panasnya tidak terlalu panjang, kadang masih terjadi hujan. Walalu pun masih ada terdeteksi kebakaran, namun masih dalam skala kecil.

“Kita berusaha untuk meminimalisir kejadian Karhutla, apa pun caranya harus kita lakukan. Karena kita menanam, menyukseskan Revolusi Hijau Gubernur memerlukan waktu yang cukup panjang, dan dengan adanya karhutla itu bisa saja ludes dalam hitungan menit,” beber Aya.

Aya berujar, Dinas Kehutanan Kalsel akan tetap terus menanam, kapan dan dimana pun tetap menanam, sebab Pemprov Kalsel sudah menyediakan bibit gratis lebih dari 3 juta bibit setiap tahunnya, sehingga tidak ada alasan untuk menghentikan penanaman.

Ada pun bantuan produktif yang diserahkan berupa Pakaian APD Kebakaran, Pompa Punggung (Jet Shooter), Gepyok, Sekop, Tenda Komando, Pelbed, Sepatu Boot, Helmet, Masker 3m dan Handy Talky.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris, Kepala KPH Balangan, KPH Sengayam, KPH Tanah LautEsselon III dan IV Dishut, serta jajaran BPHB Wil IX Banjarbaru.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.