Gandeng PLN Dan Instalatir Swasta, Lapas Karang Intan Martapura Periksa Instalasi Listrik Lapas

  • Whatsapp

Martapura, kalselpos.com – Musibah kebakaran yang menimpa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu, memberikan kewaspadaan bagi seluruh unit kerja Pemasyarakatan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) akibat terjadinya arus pendek listrik.

Bacaan Lainnya

Guna memastikan hal tersebut tidak terjadi, Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan menggandeng PLN Karang Intan dan instalatir listrik CV Putra Borneo untuk melakukan pemeriksaan jaringan listri dan memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada jaringan listrik Lapas Narkotika Karang Intan, Senin (27/9/2021).

“Kita mewaspadai potensi gangguan kamtib akibat arus pendek listrik, Kita melakukan diteksi dini guna mencegah hal tersebut terjadi, sehingga Lapas Narkotika Karang Intan bersama PLN dan instalatir swasta melakukan pemeriksaan instalasi listrik yang ada di Lapas, mulai panel listrik yang ada di depan, hingga ke kamar blok hunian warga binaan,” ujar Kalapas, Wahyu Susetyo.

PLN Karang Intan melakukan pemeriksaan pada panel listrik bagian luar, sedangkan CV Borneo Putra, melakukan pemeriksaan instalasi listrik pada bagian dalam Lapas, melakukan pemasangan panel kontrol dan pemindahan arus pada jaringan listrik sebagai tindakan pencegahan terjadinya potensi arus pendek listrik.

“Hasil pemeriksaan yang kita lakukan, untuk jaringan listrik di Lapas Narkotika Karang Intan insya Allah aman, asal tidak ada warga binaan yang melakukan penyalahgunaan listrik,” ujar Rudi Hermawan selaku IT CV Borneo Putra menjelaskan.

Membidangi Urusan Umum, Erwin Fazrin mengungkapkan bahwa Urusan Umum menjadi pihak yang juga turut ambil bagian dalam mengamankan jalur listrik yang ada di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Kita telah melakukan kontrol jalur dari depan hingga ke dalam untuk memastikan tidak ada gangguan listrik, membenahi jaringan listrik yang memang harus diperbaiki, bagian yang bisa ditangani tentu langsung Kita tangani, selebihnya pihak ke-3 yang menyelesaikan, sebagai bentuk antisipasi Kita,” tutup nya singkat.

Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan Lapas Narkotika Karang Intan sebagai tindak lanjut atas instruksi pimpinan mengantisipasi terjadinya gangguan kamtib akibat arus pendek listrik. Diantaranya melakukan pengarahan bagi warga binaan akan bahaya penyalahgunaan listrik, penyisiran jalur listrik hingga ke kamar blok hunian dan memastikan tidak terjadi pencurian dan penyalahgunaan aliran listrik, serta sanksi tegas bagi warga binaan yang melakukan penyalahgunaan aliran listrik Lapas.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.