Kedubes Italia dari Afghanistan akan pindah ke Qatar

Menlu Italia Luigi Di Maio saat umumkan pemindahan Kedubes.(ist)(kalselpos.com)

kalselpos.com  -Italia mengumumkan rencana pemindahan Kedutaan Besar (Kedubes) setelah ada tanda-tanda bahwa negara-negara Barat dan Uni Eropa yang telah menutup kantor misi mereka di Kabul, kemungkinan akan menggunakan Qatar sebagai pusat untuk menjalankan hubungan diplomatik dengan Afghanistan.

Banyak diplomat, yang melakukan evakuasi dari Afghanistan, sudah terbang ke Qatar. Taliban memiliki kantor politik di negara Teluk itu sejak 2013.

Bacaan Lainnya

China, Iran, Pakistan, Rusia, dan Turki masih membuka kantor kedutaan besar di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Negara-negara itu semakin memiliki peluang untuk secara langsung mempengaruhi pemerintahan baru yang sedang dibentuk.

Beberapa sumber di pihak Taliban mengatakan salah satu pendiri kelompok tersebut, Mullah Abdul Ghani Baradar, akan memimpin pemerintah baru Afghanistan yang akan segera diumumkan.

Amerika Serikat menangguhkan operasi kedutaan besarnya di Kabul pada 31 Agustus, satu hari setelah negara itu menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan.

Dengan menarik pasukan, AS mengakhiri perang selama 20 tahun yang puncaknya ditandai dengan kembalinya kelompok militan Taliban ke kursi kekuasaan.

“Rencana Italia memindahkan kedutaan besarnya di Afghanistan ke Doha, Qatar,” ujar Menteri Luar Negeri Di Maio, Minggu (5/9).

Di Maio juga mengatakan, Qatar telah menjadi pusat hubungan diplomatik menyangkut pemerintahan Afghanistan yang sedang dibentuk.

Rencana pemindahan tersebut merupakan gambaran terbaru bahwa negara-negara Barat akan secara permanen memindahkan kantor perwakilan mereka keluar Afghanistan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di negara itu.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait