Calon Paskibraka ikuti Tes Ideologi Pancasila

TES-Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti tes Pancasila. (ist)(kalselpos.com)

Amuntai,kalselpos.com – Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti tes Pancasila.


Tes dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Gor Raga Buana secara Online, kemarin. Hal ini menjadikan tes Calon Paskibraka menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Nazaruddin mengatakan, tes ini diselenggarakan langsung oleh BPIP Republik Indonesia yang ditujukan bagi calon Paskibraka di seluruh Indonesia.

 

Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2021 tentang pembinaan ideologi pancasila terhadap generasi muda melalui program Paskibraka.

“Tes ini dilakukan melalui aplikasi (halaman website) perisai.bpip.go.id,” ucap Nazaruddin.

Berdasarkan informasi petunjuk dari Provinsi Kalimantan Selatan hasil tes Pembinaan Ideologi Pancasila tersebut akan diumumkan ke nomor Whatsapp masing-masing peserta.

Dalam hal ini para peserta yang telah mengikuti tes Pancasila, hasil dari penilaian langsung dicetak setiap peserta tes untuk disampaikan ke pihak Disporapar sebagai kelengkapan administrasi.

“Dengan adanya tes Pembinaan Ideologi Pancasila ini bisa menjadi salah satu alat ukur kelulusan seleksi dalam pengetahuan wawasan calon Paskibraka tentang Pancasila,” harapnya.

Senada dengan itu, Pembina Paskibraka HSU Noor Fadilah juga berharap, tes ini kedepannya para calon Paskibraka yang nanti dikukuhkan menjadi Paskibraka menjadi orang yang berkarakteristik jiwa Pancasila.

Disampaikan Fadilah, para pelajar yang mengikuti seleksi Paskibraka tahun ini sebanyak 250 pendaftar dari seluruh perwakilan SLTA di HSU dan lolos terpilih hanya 40 orang dan dipilih lagi 6 orang untuk mewakili di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah dari 6 orang yang dipilih, ada 4 orang yang lolos terpilih untuk mewakili di tingkat Provinsi (Kalsel)yaitu sekolah dari SMAN 1, MAN 1, MAN 2 dan terakhir dari SMK 1,” pungkasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait