PT BIB Persembahkan BUMDesmart kepada Desa Binaan

  • Whatsapp
PERESMIAN-Bupati Tanbu H.M Zairullah Azhar meresmikan BUMDesmart bantuan dari PT BIB, kegiatan iti juga di hadiri oleh Manajemen PT BIB dan team CSR, Muspika setempat.(ist)(kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com – PT. Borneo Indobara (BIB) resmikan BUMDesmart di Desa Wonorejo, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Acara peresmian di gelar pada hari Kamis 22 Juli 2021 lalu dan diresmikan langsung oleh Bupati Tanbu H.M Zairullah Azhar yang di hadiri oleh Manajemen BIB dan team CSR, Muspika setempat pada pekan lalu.

Hal itu disampaikan oleh Dindin Makinudin selaku Empowerment dan Sustainibility Division Head PT BIB melalui Sr.Manager CSR Dindin Makinudin kepada kalselpos.com Senin (26/7) petang.

Dikatakannya, BUMDes Mart berada di Desa Wonorejo, merupakan salah satu pilot project program PPM PT BIB. sekenario itu merupakan salah satu langkah menghidupkan lokomotif ekonomi dan sumber pendapatan desa.

Selain itu, BUMDesmart juga menampung dan menjual produk lokal, kebutuhan sembako partai kecil, menengah dan partai besar. BUMDes juga tidak bersaing dengan warung warung yang ada. akantetapi, mereka dijadikan Mitra, bahkan BUMDes bisa dijadikan supplier warung warung kecil di sekitaran desa Wonorejo kata Dindin Makinudun.

Kemudian Diterangkan nya, bahwasanya BUMDes Wonorejo merupakan pilot project. kedepan akan ada BUMDes susulan yang berada di desa desa lain nya yang masuk dalam kategori desa binaan PT BIB.

Kami (BIB) akan memberikan suport dalam merealisasikan BUMDes ditempat lain dengan sasaran menghidupkan Komoditas makanan, minuman pabrikan, barang rumah tangga, kebutuhan anak anak (balita), alat kecantikan serta kesehatan.

Dindin Makinudun menjelaskan, perbedaan BUMDes Mart dengan toko ataupun Swalayan adalah : BUMDes menyediakan produk UMKM seperti produk hasil pertanian, perikanan dan produk home industri lokal (desa desa binaan PT BIB) yang semuanya dikelola oleh UMKM center yang dijalankan oleh anak anak desa yang telah mendapat bimbingan dari CSR PT BIB.

Adapun kriteria produk-produk UMKM yang masuk ke BUMDesmart telah melewati seleksi dengan uji lab dan mendapatkan perijinan dari pihak Pemerintah Daerah seperti ijin PIRT hingga BPOM.

Terkait dengan perijinan tersebut dalam proses nya akan didampingi oleh PT BIB, sehingga para kelompok binaan bisa memasarkan produknya ke skala yang lebih luas lagi. kami juga akan memberikan suport pembanggunan hingga fasilitas nya seperti kamar mandi, AC, rak-rak dagangan, freezer, showcase, meja kasir beserta komputer hingga Tekhnis manajemen nya papar Dindin Makinudin.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.