Bupati Fikry Ajukan Ranperda Pembentukan Perusahaan Perseroan Daerah Tirta Amandit

MENYERAHKAN- Bupati HSS, Achmad Fikry menyerahkan draf rancangan peraturan daerah pembentukan perusahaan perseroan daerah tirta amandit kepada DPRD.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyampaikan draf rancangan peraturan daerah (ranperda) pembentukan perusahaan perseroan daerah tirta amandit, dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua II DPRD HSS Rodi Maulidi, Senin (26/7).

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan badan usaha milik daerah merupakan sarana dan perangkat Pemda dalam menggali potensi yang ada di daerah untuk dikembangkan, sehingga menjadi kekuatan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan bupati, berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemda dan PP nomor 54 tahun 2017 tentang badan usaha milik daerah, bahwa bentuk hukum BUMD terdiri dari perusahaan umum daerah (perumda) dan perseroan daerah (perseroda) yang pada dasarnya Kabupaten HSS sudah memiliki yang bergerak di bidang pengelolaan air minum.

Namun, sejak ditetapkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemda sebagai telah diubah beberapa kali dan yang terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2019, BUMD yang mendapat pengaturan secara khusus pasal 13 bahwa daerah dapat mendirikan BUMD yang terdiri dua bentuk, yakni perusahaan umum daerah dan perusahaan perseroan daerah.

“Sesuai kondisi karakteristik dan potensi daerah yang bersangkutan yang baik untuk memperoleh laba atau keuntungan, maka PDAM Kabupaten HSS memilih bentuk perseroda,” ujar Bupati Fikry.

Dijelaskannya, pertimbangan tersebut mempertimbangkan antara lain keterlibatan pemerintah provinsi untuk ikut memberikan kontribusi terhadap pelayanan air bersih untuk masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya peningkatan profesionalitas pengelolaannya dapat mengedepankan kepentingan masyarakat, ” jelas bupati.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait