Kalsel kembangkan integrasi kelapa sawit dan ternak sapi

Pj Gubernur Kalsel Safrizal saat memberikan sambutan pada rakor RAD KSB. (anas aliando)(kalselpos.com)

Banjarbaru,kalselpos.com – Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) terus melakukan pengembangkan integrasi kelapa sawit dan ternak sapi.

Program tersebut sebagai salah satu cara untuk mendorong aspek multi manfaat dari perkebunan sawit dan peternakan sapi.

Bacaan Lainnya

Langkah konkret berbasis kemitraan tersebut tertuang dalam sebuah nota penandatanganan MoU perjanjian kerjasama/pelaksanaan Program Integrasi Sawit Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma antara Disbunnak Provinsi Kalsel dengan 8 perusahaan perkebunan, Jumat (2/7/2021).

Kedelapan perusahaan itu adalah PT. Saka Kencana Sejahtera, PT. Citra Putra Kebun Asri, PT. Hasnur Cipta Terpadu, PT. Smart Tbk, PT. Gawi Makmur Kalimantan, PT. Candi Artha dan PT. Buana Karya Bakti.

Kegiatan berlangsung di salah satu hotel Banjarbaru tersebut mendapat apresiasi PJ Gubernur Kalsel, Safrizal ZA dan stakeholder terkait yang turut menyaksikan penandatanganan MoU.

Selain kegiatan MoU, juga digelar Rakor Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) 2021-2024 Provinsi Kalsel.

Turut hadir dalam dua agenda strategis itu Setditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Sekda Kalsel, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalsel, Pimpinan Perusahaan Kelapa Sawit serta SKPD terkait.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA memberikan apresiasi atas digelarnya rakor dan pola kemitraan antar pihak.

Safrizal memberikan atensi terhadap upaya peningkatan produksi perkebunan di Kalsel.

Dikatakan, 1 dari 4 sektor yang memberikan devisa terbesar bagi ekonomi Kalsel adalah sektor perkebunan.

Terkait percepatan swasembada sapi potong melalui integrasi Sawit Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (Siska Ku Intip).

Dimana integrasi ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi kalsel melalui peningkatan produksi sapi, dengan memanfaatkan lahan perkebunan sawit.

Integrasi ini juga diharapkan Safrizal dapat membantu menurunkan angka penggangguran di Kalsel.

“Kalau peternakan sapi dikembangkan nanti juga bisa mengikuti untuk pengembangan bisnis produk turunannya. Seperti misalnya bisnis pengolahan daging menjadi produk lain, yang tentu dapat menyerap tenaga kerja” ucap Safrizal.

Pemikiran senada disampaikan Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Sekda mengatakan, permasalahan terkait sawit dan program gabungan sawit dan peternakan menjadi perhatian ke depan.

Hal ini karena perkebunan kelapa sawit sendiri menyumbang devisa terbesar bagi Kalsel setelah pertambangan, sehingga menjadi prioritas.

“Untuk produksi pedet (anak sapi ternak) sudah cukup besar, namun perkembangannya tidak jelas kemana,” ucapnya.

Ia berharap kedepannya bisa dimaksimalkan, sehingga harga sapi bisa lebih murah dibandingkan dari harga sapi yang didatangkan dari luar.

“Ini semua agar perputaran ekonominya lebih cepat di wilayah Kalsel” harap Roy.

Strategi yang disiapkan untuk mendukung hal tersebut adalah, pemanfaatan lahan sawit, pemanfaatan limbah industri sawit dan kelapa sawit untuk pakan.

Selain itu penguatan infrastruktur untuk peternakan, penguatan pasok ternak dan hasil ternak, serta regulasi dan deregulasi.

“Benefit yang kita harapkan adalah terciptanya korporasi antara pekebun dan peternak sehingga menghasilkan produksi sapi berbiaya rendah, meningkatan produksi sawit, peningkatan pendapatan perkebunan.

Sedangkan untuk masyarakat adalah tercukupinya kebutuhan protein hewani serta menumbuhkan usaha kegiatan penunjang bisnis inti.

“Selain itu pengolahan industri serta terciptanya ketahanan pangan dan kesejahteraan untuk pekebun dan peternak” tukas Roy.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait