Sepekan Ramadhan, Diskoperindag Batola Sidak Pasar

  • Whatsapp
Diskoperindag saat Sidak pasar bersama instansi terkait dipimpin Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Rusmadi.(ist)

Marabahan,kalselpos.com – Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Selasa (20/4/2021) melakukan kegiatan operasi harga pangan di pasar tradisional dan pasar modern, seperti minimarket dan supermarket

 

Bacaan Lainnya

Inspeksi mendadak (Sidak) harga pasar dengan langsung mendatangi pasar yang ada di kabupaten berjuluk Ije Jela ini, khususnya di pasar yang ada di Kota Marabahan untuk monitor harga dan ketersediaan bahan pokok (bapok) sepekan ramadhan ini.

.Kabid Perdagangan Diskoperindag Batola, Surono, S.Sos.(mul)

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Diskoperindag Batola, Surono, S.Sos mengungkapkan, Sidak harga dan ketersediaan di sejumlah Pasar Marabahan dilakukan bersama instansi terkait itu dipimpin oleh Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Rusmadi.

“Sidak ini bertujuan selain memantau perkembangan harga kebutuhan pangan yang melonjak naik di bulan ramadhan ini, juga cek barang yang sudah kadaluarsa lagi di sejumlah pasar modern,”ujar Surono.

Hasil dari Sidak pada hari ini terpantau ada 3 komoditas yang alami kenaikan drastis. Namun belasan pangan mengalami penurunan harga sepekan bulan ramadhan ini.

“Tiga komoditas pangan yang dinilai alami kenaikan signifikan adalah cabe merah biasa harga sebelumnya Rp 55 ribu per kilogram naik menjadi Rp 80 ribu/kg, ikan asin gabus Rp 120/kg menjadi Rp160/kg dan kacang kedelai lokal Rp 18 ribu/kg naik jadi Rp 27 ribu/kg dan yang lain masih dianggap wajar kenaikannya,” sebut Surono.

Sedangkan bahan pokok kebutuhan masyarakat yang mengalami penurunan harga dinilai signifikan yaitu beras, gula pasir, daging ayam ras, telur itik, cabe rawit lokal, cabe rawit tiung, bawang merah, bawang prai, ikan asin sepat, ikan asin telang, wortel, ikan segar patin, ikan segar haruan/gabus dan ikan segar papuyu

“Sidak ini tidak berhenti sampai di sini. Kami akan terus monitoring perkembangan harga dan memantau ketersediaan sampai lebaran nanti,”pungkas Surono.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini

Download aplikasi kalselpos.com  di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

 

Pos terkait