Ada tambang galian C ‘gila – gilaan’ beroperasi di Tala, Polda diminta Menindak

  • Whatsapp
[]Anas AKSI DAMAI - Puluhan massa menyampaikan aksi damai di Mapolda Kalsel. Massa meminta agar Polda menindak tegas pelaku tambang ilegal di Kalsel.

Banjarmasin, kalselpos.com – Puluhan massa dari sejumlah LSM di Kalsel melakukan aksi damai di depan Mapolda setempat, Jalan DI Pandjaitan Banjarmasin, Senin (11/1/2021) lalu.

Massa meminta Kapolda Kalsel untuk menindak tegas pelaku tambang ilegal di Banua.

Bacaan Lainnya

“Kami meminta Kapolda untuk menindak dengan tegas pelaku tambang ilegal di sejumlah kabupaten, termasuk galian C. Akibat maraknya tambang ilegal, banjir di mana – mana. Tidak cuma di Tanah Laut (Tala), Tanah Bumbu dan Banjar. Kalau dibiarkan dan tidak ditindak, akibat dari tambang ilegal juga akan menenggelamkan Banua Anam,” ujar Aliansyah, koordinator aksi dalam orasinya.

Aliansyah menyebut, untuk di daerah Martadah, Kabupaten Tanah Laut, tambang galian C beroperasi secara ‘gila – gilaan’ sehingga mengakibatkan banjir besar di kabupaten yang dipimpin Bupati Sukamta tersebut.

“Kami meminta kepada Kapolda Kalsel yang baru agar menutup tambang ilegal, kasian rakyat menderita akibat banjir, sawah dan kebun mereka tenggelam,” ujar Ketua LSM Kelompok Pemerhati Kinerja Aparatur Pemerintah dan Perlemen (KPK-APP) Kalsel itu dengan lantang.

Dalam aksi damai itu, massa ditemui AKBP Trisno, Kabag Bin Opsnal Polda Kalsel.

Trisno berterima kasih atas informasinya yang disampaikan kepada pihaknya.

“Apa yang disampaikan ini kami tampung. Apa yang menjadi tuntutan tanpa diminta pun kita sudah lakukan. Sudah beberapa kasus mengenai tambang ilegal kita tangani,” ujarnya.

Disampaikan Trisno, Polda Kalsel terus bekerja, namun setiap  kasus punya permasalahan berbeda. “Dalam penanganannya pun perlu strategi dan teknik yang berbeda,” ucapnya.

Trisno menegaskan, pihaknya tidak punya kewenangan menindak tambang yang punya izin.

“Kalau ada prosedur hukum yang tidak ada izin, kita punya kewenangan untuk itu,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

[]penulis : anas aliando
[]editor : s.a lingga