Beri sambutan di kampanye Paslon, Camat Aluh – Aluh dilaporkan ke Bawaslu

  • Whatsapp
LAPORKAN CAMAT - Warga Kecamatan Aluh Aluh, di dampingi kuasa hukumnya, Muhammad Rusdi SH, saat melaporkan camat setempat berinisial SE ke Bawaslu Banjar, Jumat (16/10) lalu, di Martapura.

Martapura,kalselpos.com – Diduga ikut terlibat kampanye paslon bupati dan wakil bupati Banjar nomor urut 1, H Saidi Mansyur – Said Idrus Al Habsyi, seorang camat di kabupaten tersebut dilaporkan ke Bawaslu setempat.
Warga Kecamatan Aluh Aluh berinisial KY, di dampingi kuasa hukum Muhammad Rusdi SH, melaporkan Camat Aluh-Aluh, SE, ke Bawaslu Banjar, Jumat (16/10) lalu.
Pelapor menyampaikan dugaan pelanggaran netralitas dan dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang dilakukan SE, lantaran menghadiri pertemuan masyarakat dengan paslon nomor urut 1 tersebut, pada Kamis (15/10) malam.
Muhammad Rusdi, dugaan pelanggaran Pemilu tidak hanya karena berhadir, tapi lantaran SE, turut menyampaikan sambutan di kegiatan tersebut.
Camat Aluh Aluh atau terlapor mengikuti kegiatan kampanye paslon, H Saidi Mansyur – Said Idrus Al Habsyi, dan diduga telah melakukan pelanggaran netralitas ASN, sekaligus tindak pidana Pemilu.
“Camat Aluh Aluh pada kampanye itu menurut pelapor, memberikan sambutan. Ini kami laporkan dugaan netralitas ASN dan pidana Pemilu,” ucapnya.
Di tempat terpisah, Komisioner Bawaslu Banjar, Rizky Wijaya Kusuma, yang dikonfirmasi, membenarkan adanya pelaporan dugaan pelanggaran netralitas dan tindak pidana Pemilu.
“Iya kami ada menerima laporan warga yang mengarah kepada dugaan pelanggaran netralitas ASN dan juga tindak pidana Pemilu,” sebutnya.
Adapun yang dilaporkan, ini ialah dugaan tindak pidana Pemilu sebagaimana diatur UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 tahun 2015, yakni, tentang Peraturan Pemerintah tentang Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati menjadi UU Pasal 70 Ayat 1 huruf (b), di mana dalam kampanye pasangan calon dilarang melibatkan ASN hingga TNI.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Bacaan Lainnya

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

[]penulis/editor :s.a lingga/rel

Pos terkait