Pemda Dorong Pengembangan Wisata Bamboo Rafting di Liang Lahong ‎

OBJEK WISATA- Objek wisata Bamboo Rafting di Liang Lahong di Desa Halunuk, Kecamatan Loksado.(Kominfo)‎

Kandangan, kalselpos.com– Untuk meningkatkan pendapatan ekonomi, warga Dewa Halunuk, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mengembangkan wisata Bamboo Rafting atau Balanting Paring, di Liang Lahong.

Kepala Desa Halunuk, Mahmudin, mengatakan, ‎objek wisata Bamboo Rafting di Liang Lahong baru dibuka sejak 20 Agustus 2020 tadi sesuai hasil koordinasi dengan pihak Dinas Pariwitasa setempat.

“Sesuai dengan arahan Dinas Pariwisata setempat, pengunjung wisata diwajibkan menerapkan protokol kesehatan” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menururnya, objek wisata Bamboo Rafting di Liang Lahung dibuka dengan harga relatif murah, yakni biaya balanting 100 ribu dengan jarak tempung antara 1 jam dari Dusun Kandihin ke Dusun Bubuih, dan ojek 10 ribu per orang dari Dusun Bubuih ke Dusun Kandihin tempat star Bambo Rafting. “Untuk parkir mobil 5 ribu dan sepeda motor 2 ribu rupiah,” ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten HSS, ‎Rahwati, mengatakan, membuka objek wisata dimasa pandemi Covid-19 pengelola harus bisa menyiapkan pasilitas protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehinga bisa menekan penyebaran Virus Corona yang masih mewabah tanah air.

“Untuk pengunjung wisata harus mematuhi semua aturan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, dan pengunjung jangan membuang sampah sembangan,” ujarnya.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakat Setda Kabupaten HSS, Sasmi Rifani, mengatakan sesuai dengan hasil rapat koordinasi dan arahan pak bupati setiap objek wisata yang baru dibuka oleh masyarakat agar diinventarisir, sehingga pemerintah dapat memberikan dukungan dalam pengembangan objek wisata.

“Sesuai dengan arapah bupati, objek-objek wisata akan didorong untuk pengembangannya,” ujarnya.

Ia berharap, kepada semua objek wisata yang dikelola baik pemerintah maupun masyarakat tetap menerapkan protokol kesehat yang telah ditentuan.

“Gunakan selama masker dan jaga jarak aman, agar tidak tertular atau menularkan Covid-19 kepada orang lain,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi

Tinggalkan Balasan