Ilmu Gendam Sinchan Kandas Ditangan Polisi

Pelaku penipuan yang awalnya diduga menggunakan ilmu gendam dan viral di medsos akhirnya nerhasil diringkus polisi (ist)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pelaku penipuan dengan modus menggunakn ilmu gendam yang viral di media sosial baru-baru ini akhirnya berhasil dibekuk tim gabungan Resmob Polda Kalsel dan Opsnal Reskrim Polsek Banjarmasin Timur, Senin (28/9/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Pelaku yang berinisial GR alias Sinchan, warga Sukaramai Kabupaten Barito Kuala (Batola) diringkus saat sedang berada di salah satu rumah kost kawasan Jalan Manunggal II Kelurahan, Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo melalui Kanit Reskrim, Iptu H Timur Yono menjelaskan, dalam setiap aksinya pelaku selalu mengaku memiliki stok BBM milik salah satu anggota polisi yang dipercayakan kepada dirinya untuk dijualkan.

“Jadi pelaku ini mengaku BBM yang akan dijualnya kepada calon korban adalah milik anggota untuk memastikan korbannya percaya, terkait adanya hipnotis itu tidak benar,’’ kata Kanit.

Setelah menentukan besaran harga dan banyaknya BBM yang dibeli, pelaku kemudian mengajak korbannya untuk berkeliling dan mampir di suatu tempat yang berbeda-beda.

“Waktu korban menyerahkan sejumlah uang, pelaku minta izin kepada korban untuk bertemu komandan (anggota polisi yang ia maksud sebagai pemilik BBM). Kemudian pelaku meninggalkan korban dengan membawa uang hasil penipuan tadi,” tutur Kanit.

Kanit melanutkan, dari pengakuan pelaku, ia sudah beraksi di empat lokasi yang berbeda, antara lain 2 TKP di Banjarmasin Timur, 1 TKP di Banjarmasin Barat dan 1 TKP di Kabupaten Barito Kuala dengan total kerugian mencapai belasan juta rupiah.

Oleh karena itu, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait kemungkinan adanya TKP lain. “Jika ada yang merasa pernah menjadi korban penipuan oleh pelaku, silahkan melapor ke Mapolsek Banjarmasin Timur,” tukasnya.

Atas perbuatannya itu pelaku dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Hafidz
Editor : Zakiri