Noormiliyani mengharapkan Petani lebih semangat lagi garap lahan persawahan

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui melalui staf ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Suyud Sugiono melakukan sosialisasi kegiatan Tanaman Pangan yang diikuti dinas terkait.

Marabahan, kalselpos.com – Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS mengharapkan para petani di wilayahnya untuk semakin bersemangat menggarap lahan persawahan.

Bacaan Lainnya

Hal demikian itu disampaikannya melalui staf ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Suyud Sugiono pada acara sosialisasi kegiatan tanaman pangan periode Oktober 2020 di Aula Mufakat Marabahan, (17/09/20) lalu.

Pasalnya selama ini Batola dikenal sebagai sentra produksi pertanian tanaman pangan dan hortikultura terutama padi dan jeruk.

Guna mewujudkan hal itu sekaligus membantu kelancaran usaha petani Pemkab Batola dengan didukung Pemprov Kalsel dan Pusat telah banyak memberikan bantuan baik penyediaan Alsintan (alat mesin pertanian) maupun mengeluarkan kebijakan di bidang pertanian.

Sesuai salah satu misi pembangunan Batola yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui inovasi teknologi berbasis pertanian, sebutnya”

“Pada tahun ini Kementan memberikan bantuan berupa benih, kapur dolomit, pupuk NPK, herbisida, dan pupuk hayati. Dengan bantuan tersebut saya harapkan para petani akan semakin bersemangat untuk menggarap lahan persawahan yang mana optimasi lahan Batola mencapai 8.750 hektar serta sarana produksi pengembangan padi rawa seluas 25.720 hektar,” pesannya.

Dengan kebijakan dan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, diharapkan bupati mampu mendorong semangat para petani untuk terus berusaha meningkatkan hasil produksi pertanian sehingga berdampak upaya peningkatan percepatan hasil produksi dan produktivitas pertanian yang pada akhirnya semakin mempertegas karakter Batola sebagai penghasil padi terbesar di Kalsel sekaligus sebagai daerah penyangga ketahanan pangan nasional.

Sementara kepada para camat, kades dan jajaran pertanian diharapkan agar dapat memberikan sosialisasi kepada warga masing-masing sehingga bantuan nantinya tepat sasaran dan akan dapat meningkatkan produksi pertanian dan perekonomian masyarakat.

Sosialisasi kegiatan tanaman pangan tersebut diikuti SKPD terkait, para camat, dan para pejabat lingkup Distan TPH Batola.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Penulis : Muliadi

Tinggalkan Balasan