Polres Kotim ungkap Sindikat Pemalsuan Dokumen di Sampit

Kapolres Kotim, AKBP Abdoel Harris Jakin SIK MSi saat diwawancarai Kalselpos.com, Rabu (2/9/2020) di Sampit.(Ist)

Sampit, kalselpos.comBaru-baru ini Polres Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berhasil mengungkap kasus pemalsuan dokumen seperti kartu keluarga, KTP dan SKCK.

Hal itu dikatakan Kapolres Kotim, AKBP Abdoel Harris Jakin SIK MSi, ketika diwawancarai Kalselpos.com, Rabu (2/9/2020) di Sampit.

Bacaan Lainnya

“Pengungkapan kasus pemalsuan dokumen ini bermula, dalam penerimaan seleksi masuk Secaba di kepolisian, dimana dari berkas dokumen peserta yang akan mengikuti tes tersebut, KK yang bersangkutan mencurigakan,” ujar Kapolres.

Dipaparkannya, setelah dilakukan penyelidikan dengan mengkroscek KK yang mencurigakan itu ke Disdukcapil Kotim. Ternyata tidak tercatat dan terdata serta mereka tidak pernah mengeluarkan KK dimaksud.

Polres Kotim pun mengkonfirmasi yang memiliki dokumen KK tersebut, dimana dari pengakuannya yang bersangkutan mendapatkannya dari calo.

Kemudian dilakukanlah investigasi dan menggerebek sebuah rumah di Sampit dan berhasil menangkap tiga orang sindikat yang diduga sindikat pemalsuan dokumen ini.

“Satu orang diantaranya berstatus sebagai ASN dan dua orang lainnya pihak swasta,” tukasnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis: Ruslan AG
Editor: Bambang CE