Wabup, APBD-P 2020 Prioritas Penanganan Covid-19 ‎

  • Whatsapp
MENYAMPAIKAN- Wakil Bupati Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, menyampaikan raperda APBD-P 2020.(Kominfo)

Kandangan, kalselpos.com-‎ Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad, mengatakan raperda APBD-P 2020 belanja tidak terduga pada belanja tidak langsung dengan melakukan refocussing anggaran dalam rangka penanganan Covid-19 beserta dampak yang ditimbulkan.

Menurut wabup, ‎pergeseran anggaran antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) disebabkan capaian target kinerja program dan kegiatan yang harus dikurangi atau ditambah dalam APBD-P apabila asumsi kebijakan umum anggaran tidak dapat tercapai atau melampaui asumsi KUA. 

“Pergeseran dilakukan untuk memenuhi ketentuan perundangan atau ketentuan lain yang diwajibkan oleh Pemerintah,” ujar Wabup Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, saat menyampaikan raperda APBD-P 2020 kepada DPRD HSS, Senin (24/8).‎

Penyesuaian anggaran tersebut, mengutamakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan pemenuhan pelayanan dasar masyarakat, dan upaya pemulihan kesejahteraan masyarakat terutama yang terkait  penanganan  Covid-19. “Salah-satunya ‎penganggaran belanja barang dan jasa untuk memenuhi operasional BLUD RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam raperda ‎APBD -P  2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS  mengalokasikan anggaran belanja tidak langsung sekitar  59,61 persen dan belanja langsung  40,39 persen dari total belanja daerah ‎Rp1.480.686.734.245‎.‎‎

“Penganggaran belanja daerah diprioritaskan untuk alokasi belanja tidak terduga dalam rangka penanganan Covid-19 beserta dampaknya,” jelasnya.

Advertisements

Bacaan Lainnya

‎Selain itu, belanja diprioritaskan untuk belanja penyelenggaran pemerintahan, baik urusan wajib pelayanan dasar maupun urusan wajib non pelayanan dasar, serta urusan pilihan berdasarkan pendekatan prestasi kerja yang berorientasi pada pencapaian hasil dari input yang direncanakan. 

“Dengan prioritas tersebut pada akhirnya benar-benar dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat Kabupaten HSS,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi

Advertisements