Belajar dari Petani Bumi Asih, Ihai berhasil Panen Padi 1 ton lebih

  • Whatsapp
Ihai warga Desa Pantai, Kecamatan Kelumpang Selatan, yang telah berhasil panen padi 1 ton lebih di musim panen saat ini.

Kotabaru,kalselpos.com-Meski ditengah pandemi Covid-19, namun semangat bertani salah satu warga Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan ini perlu di acungi jempol.

Bacaan Lainnya

Ihai adalah salah satu warga dari Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan, yang telah berhasil panen padi 1 ton lebih di masa musim panen saat ini.

Keberhasilan Ihai dalam bertani tidak lepas dari tekad dan semangatnya untuk meningkatkan ekonomi keluarganya.

Berbagai macam cara ditempuh olehnya, salah satunya dengan cara belajar kepada salah satu petani yang berasal dari Desa Bumi Asih yang
telah berhasil dan sukses.

“Saya belajar bertani ini pada Pak Ali Petani dari Desa Bumi Asih yang sudah puluhan tahun bertani hingga sukses” ucapnya kepada Wartawan (20/08).

Dengan luas lahan setengah hektar yang Ia miliki, Ihai mulai menggarap sawah di dampingi Pak Ali.

Dari Pak Ali, Ihai banyak belajar tentang cara memperbaiki galangan, nyemai bibit benih padi, tata kelola tanam padinya hingga dalam perawatannya. Sementara untuk pekerja tanampun menurut Ihai, Ia ambil dari petani Bumi Asih.

Setelah semua yang dilalui oleh Ihai dan Pak Ali, hasil panen padi perdana Ihai cukup memuaskan.

“Di panen kali ini, sawah saya mampu menghasilkan 1 ton lebih padi, dalam waktu tiga bulan dengan biaya keseluruhan kurang lebih 3jt”, jelas Ihai.

Ihai berharap hal ini bisa berlanjut di panen berikutnya dan para petani di Desa Pantai khususnya bisa mengelola sawahnya dengan mencontoh apa yang sudah dilakukannya hingga berhasil panen yang berlimpah.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Ir Hairudin mengungkapkan rasa syukurnya karena keberhasilan panen yang melimpah oleh salah satu petani yang berasal dari Desa Pantai tersebut. “Alhamdulillaaah mudah mudahan hasil panennya selalu bagus dan terus semangat bertanam padi,” tutupnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.