Launcing LBH Amandit, Wabup Minta Pegurus Bersinergi dengan Pemkab HSS ‎

TANDATANGAN- Wakil Bupati Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, menandatangan naskah launcing LBH Amandit DPD KNPI Kabupaten HSS.(Kominfo)‎

Kandangan, kalselpos.com-‎ Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad, berharap keberadaan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten HSS dapat mendampingi masyarakat yang menghadapi masalah hukum. ‎

Hal itu disampaikan Wabup Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, saat ‎milad ke-47 KNPI dan Launching LBH Amandit, di Sanggar Pramuka.

Menurut wabup, bantuan hukum yang diberikan LBH Amandit dapat disinergikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda), karena ada Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukum dalam memberikan bantuan hukum bagi masyarakat, utamanya kepada mereka dari kalangan keluarga miskin atau tidak mampu.

Dikatakannya, ‎di LBH Amandit yang ada sembilan personil yang latar belakang Sarjana Hukum (SH), dapat bersinergi dengan pemda dalam mendampingan hukum terhadap masyarakat yang membutuhkan.‎‎

Bacaan Lainnya

Salah satu persoalan yang perlu menjadi perhatian LBH Amandit adalah terkait, leasing atau pembiayaan kredit kendaraan bermotor, biasanya karena ada tunggakan yang tidak bisa dibayar, kemudian ada tindakan pengambilan paksa kendaraan yang sebenarnya itu tidak dibenarkan.

“Pengambilan paksa terhadap kendaraan yang menunggak jelas tidak dibenarkan, karena persoalannya ini bukan pidana tapi ranahnya perdata,” ujarnya.

Untuk itu, LBH Amandit agar bisa membantu warga yang menghadapi persoalan seperti itu, sehingga masyarakat tidak dirugikan.

Diungkapkannya, ‎masalah tersebut sebelumnya pernah memanggil distributor dan kreditor dari pembiayaan kredit kendaraan ke DPRD HSS, agar tindakan pengambilan paksa ini tidak dilakukan. 

D‎engan adanya persoalan seperti ini di lapangan, maka tak salahnya KNPI sebagai wadah berhimpun para pemuda terus membina potensi diri, menguatkan kebersamaan dan saling melengkapi dengan potensi yang ada. “Persoalan di lapangan kadang lebih pelik ketimbangan teorinya, sehingga LBH yang didirikan dapat bermanfaat dan sesuai dengan harapan,” ujarnya.

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Sofan
Editor : Wandi