Balitbangtan Perkenalkan Kalung Eucalyptus kepada Wabup Syamsuri‎

‎MELIHAT- Wakil Bupati Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad, melihat produk Eucalyptus telah teruji di Laboratorium Balai Besar Bioteknologi Bogor‎.(Humas)

Kandangan, kalselpos.com – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kalimantan Selatan (Kalsel), memperkenalkan inovasi Kalung Eucalyptus yang diklaim mampu sampai 80 persen menghambat pembelahan sel Virus Corona atau Beta-CoV buatan Kementerian Pertanian, kepada Wakil Bupati Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyas, Selasa (14/7) di ruang kerja wabup.

T‎im Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalsel, ‎Achmad Rafieq, mengatakan produk yang diperkenalkan ada dalam tiga bentuk, yaitu berupa kalung, inhaler dan roll-on. 

Menururnya, produk Eucalyptus telah teruji di Laboratorium Balai Besar Bioteknologi Bogor, yang memiliki kandungan yang mampu menghambat pembelahan sel Virus Corona Beta, yang mana virus tersebut merupakan sejenis dengan virus Covid-19.

“‎Sebelum produk ditentukan telah melakukan penelitian pada berbagai jenis tanaman obat yang berkhasiat, hingga akhirnya ditemukan jenis Eucalyptus inilah yang paling efektif dan mampu sampai 80 persen menghambat pembelahan sel Virus Corona Beta,” ujarnya.‎

Bacaan Lainnya

Pihaknya berharap dengan adanya produk ini dapat membantu menanggulangi permasalahan wabah pendemi Covid-19. “Kedepannya produk ini akan diproduksi massal dan dipasarkan secara luas, sehingga bisa membantu masyarakat luas,” ujarnya.‎

Sementara itu, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Rabu (15/7) mengatakan, berencana akan melakukan uji coba kepada pasien yang terpapar Covid-19 dengan harapan dapat sembuh lebih cepat.

“Kalau memang itu hasil penelitian, tentu layak dilakukan uji coba kepada pasien dan bisa dilihat hasil dan manfaatnya. Tentu para ahli kesehatan yang lebih mengetahui dampak dan manfaatnya,” kata Wakil Bupati.

Wabup mengatakan, berdasarkan informasi yang diberikan tim peneliti, bahwa kalung tersebut berasal dari bahan herbal yang tumbuh di negara Indonesia.

“Hasil penelitian yang mereka lakukan, Eucalyptus berfungsi untuk mencegah pembelahan sel virus. Produknya berupa kalung, semacam inhaler yang bisa dihirup lewat hidung, dan minyak oles,” ujarnya.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Sofan
Editor : Wandi