Tingkatkan Taraf Hidup Nelayan, Tanbu bangun TPI di Desa Setarap

Yulian Herawati, S.E.,M.M Plt. Kepala Dinas Perikanan Kab. Tanah Bumbu cek lokasi untuk TPI di Setarap.

Batulicin, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, melalui Dinas Perikanan Tanbu, terus berupaya untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat Nelayan. 

Hal itu di tenggarai dengan ada nya rencana pembanggunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), terletak di Desa Setararap, Kecamatan Satui pada tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Yuliani Herawati, Selaku Plt. Kepala Dinas Perikanan Tanbu, kepada kalselpos.com senin (6/7) siang menyampaikan melalui pesan singkat nya.

Pemkab Tanbu ingin merubah pola pikir masyarakat nelayan setempat dan sekitaran. yang pada umum nya, para nelayan sekarang setelah menangkap ikan di laut kemudian langsung menjual nya kepada pihak ketiga (pengepul). tentu nya hal ini mengurangi nilai ekonomis nya. 

Untuk itu kami upayakan pembanggunan TPI di Desa Setarap, Kec. Satui sebagai langkah dan upaya dalam rangka memajukan taraf hidup para nelayan dan masyarakat di sekitaran tempat tersebut papar nya. 

Pada saat ini sudah memasuki proses lelang, untuk Pembangunan TPI setempat, dengan Pagu Anggaran Rp.400.000.000., dari dana (APBD) Tanbu dengan ukuran fisik 8 Meter x 12 Meter, diproyeksikan akhir tahun 2020 bisa terselesaikan. 

Kemudian ungkap Yuliana Herawati, selain itu kendati saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19. kami Dinas Perikanan Tanbu, memiliki kegiatan prioritas seperti, melakukan kerjasama dengan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan.

Yakni berupa, pembuatan master pland Perikanan Kab. Tanbu, kemudian penerapan Teknologi Adaftif Lokasi (PTAL) Desa wisata patin dan pengolahan pupuk hayati tukasnya. 

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain