Pemkab Kotim Dorong BUMD Berkontribusi Dongkrak PAD

Teks foto: Bupati Kotim, Halikinnor. (Foto: Istimewa/Diskominfo) Kotim)(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) mendorong agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mampu berkontribusi terhadap upaya mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Dengan begitu, BUMD juga akan semakin mandiri dan berkembang.

 

Bacaan Lainnya

Bupati Halikinnor mengatakan, harapan itu sudah diutarakannya langsung saat audiensi BUMD PT Habaring Hurung dan PT Hapakat Betang Mandiri di rumah jabatan bupati, beberapa waktu lalu.

 

“Ke depan saya minta, entah dari Sekda atau Asisten Setda agar membentuk tim untuk memantau progres BUMD secara berkala,” kata Halikinnor, Kamis (11/7/2024).

 

Dalam audiensi tersebut terdapat dua pokok bahasan yang menjadi perhatian pemerintah daerah terlebih dalam meningkatkan dan optimalisasi PAD di wilayah Kotim.

 

Pembentukan tim yang dimaksud tersebut diperuntukan agar dapat melihat laporan progres yang dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap. Tujuannya agar nantinya dapat menjadi bahan penilaian.

 

Seperti diketahui, dua BUMD tersebut diberikan kepercayaan menggarap sejumlah potensi, seperti sektor kepelabuhanan dan pengolahan limbah medis. Yang terbaru, BUMD tersebut melirik nilai ekonomi dari perdagangan karbon.

 

Halikinnor menilai banyak peluang yang bisa digarap BUMD. Untuk itu dia berharap mereka yang sudah diberi kepercayaan mengelola BUMD untuk memberikan dedikasi terbaik demi kemandirian dan kemajuan BUMD.

 

“Kita tentu berharap BUMD bisa berkontribusi untuk meningkatkan PAD kita, sehingga semakin besar kemampuan kita untuk membiayai pembangunan daerah,” pungkas Halikinnor.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait