4.000 santri ikuti pawai Hijriah 1 Muharam di Kabupaten Banjar

Teks foto Pemyeraham piala.kepada pemenang Pawai Hijriah 1 Muharam menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah.(ist)(kalselpos.com)

Martapura, kalselpos.com – Sebanyak 4.000 santri dan santriwati dari berbagai lembaga pendidikan Al Qur’an di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti Pawai Hijriah 1 Muharam menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah.

 

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PPK)  Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas melepas peserta pawai yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Banjar di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura Minggu (7/7).

 

 

“Kami bersyukur sekaligus bangga melihat banyaknya santri dan juga santriwati yang mengikuti pawai apalagi mereka sangat bersemangat menyemarakkan peringatan tahun baru Islam,” ujar Nurgita.

 

Menurut istri Bupati Banjar Saidi Mansyur itu, Pemkab Banjar sangat mendukung kegiatan Islami yang bertujuan menumbuhkan suasana religius sesuai julukan Kabupaten Banjar sebagai “Serambi Mekkah”.

 

Nurgita berharap kegiatan Islami lainnya diikuti lebih banyak peserta sehingga memantapkan ciri khas Kabupaten Banjar sebagai daerah yang agamis dan religius.

 

“Harapan kami, Pawai 1 Muharam diikuti lebih banyak peserta agar lebih terlihat semaraknya sehingga daerah yang agamis dan religius dapat semakin melekat disandang Kabupaten Banjar,” ungkapnya.
Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Banjar Irwan Jaya saat menyampaikan sambutan sebelum Pawai 1 Muharram menyambut tahun baru 1446 Hijriah di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, Ahad (8/7/2024). (ANTARA/HO-Kominfo Kabupaten Banjar)

 

Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar Irwan Jaya mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia dan Tempat Pendidikan Al Qur’an se- Kabupaten Banjar untuk menggelar kegiatan religius tersebut.

 

“Jumlah peserta pawai sebanyak 150 kafilah dengan perkiraan total peserta 4.000 santri dan santriwati termasuk 500 pendamping serta orang tua yang ikut hadir di lokasi kegiatan,” sebutnya.

 

Ditambahkan Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disbudporapar Banjar Ina Wangsih, persiapan acara dilakukan dua pekan sebelum pelaksanaan hingga berjalan dengan sukses dan lancar.

 

“Persiapan sekitar dua minggu karena sesuai kegiatan dalam bentuk pawai yang melibatkan orang banyak dan tercatat sekitar 4.000 santri TP Al Qur’an Al Banjari dan BKPRMI Kabupaten Banjar,” tuturnya.

 

Dikatakan Ina, pihaknya sebelum penyelenggaraan kegiatan sudah berkoordinasi dengan TP Al Banjari maupun BKPRMI sehingga dapat memeriahkan peringatan tahun baru Islam yang didukung Pemkab Banjar.

 

“Panitia menyiapkan sebanyak 150 piala untuk penghargaan disamping uang pembinaan bagi peserta yang menjadi juara dengan beberapa kategori sehingga mereka semakin bersemangat,” katanya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait