Dishub Banjarmasin lanjutkan pembangunan Kawasan Integrasi Antar Moda Transportasi 0 Kilometer

Teks foto : Proyek pembangunan kawasan Integrasi Antar Moda Transportasi 0 Kilometer tahap kedua.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com– Dinas Perhubungan Kota (Dishub) Banjarmasin lanjutkan pembangunan tahap kedua proyek kawasan Integrasi Antar Moda Transportasi 0 Kilometer, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

Sebelumnya, Dishub Banjarmasin telah menyelesaikan tahap pertama dan diresmikan pada Januari 2024 lalu.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan di lapangan, pengerjaan untuk tahap kedua pembangunan kawasan integrasi 0 kilometer sudah dimulai dari beberapa bulan kebelakang ini.

Nampak area disamping bangunan halte baru itu tertutup pagar seng berwarna biru. Sekilas jika menilik kedalam area itupun sudah rata dengan tanah.

Kepala Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Begjo mengatakan bahwa fasilitas yang dibangun pada tahap kedua ini akan lebih bersifat sebagai penunjang.

Yakni berupa area parkir sepeda motor dan sepeda, kemudian beberapa kios UMKM, toilet baru hingga mushola dan taman bermain anak. Disamping juga pada pembangunan tahap kedua ini nantinya akan ditambahkan area drop penumpang.

Sebab untuk sekarang, dikatakan Slamet area penumpang masih tergabung antara untuk yang naik maupun turunnya.

“Harapannya nanti di tahap kedua ini untuk drop penumpang itu terpisah, dengan yang naik maupun turunnya,” ucap Slamet, saat di wawancarai beberapa hari yang lalu.

Terkait anggarannya, ia membeberkan untuk membangun area integrasi di kawasan 0 kilometer ini, dana yang disiapkan mencapai Rp 3 miliar. Bersumber dari APBD Kota Banjarmasin tahun 2024.

“Di bulan November pertengahan insyaallah targetnya sudah selesai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Slamet berharap nantinya setelah pengerjaan kawasan integrasi 0 kilometer selesai. Itu bisa memudahkan akses transportasi warga.

Khususnya warga yang menggunakan transportasi air dan ingin melanjutkan ke transportasi darat, begitupun sebaliknya.

“Sehingga harapannya juga kedepan tinggal penyediaan angkutan sungainya,” ujarnya

“Tahun ini insyaallah dari Dinas Pariwisata ada support untuk menyediakan angkutan pariwisata dan penumpang,” sambungnya.

“Akan ada 2 unit nanti, kedepannya bisa dikembangkan untuk mengisi lokasi-lokasi wisata yang ada di Banjarmasin,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait